REPRESENTASI LAKI – LAKI DALAM IKLAN KLINIK KECANTIKAN NATASHA SKIN CLINIC CENTER DAN ERHA CLINIC (ANALISIS STUDI SEMIOTIK)

Yenny Annisa Pitaloka, 071211532014 (2016) REPRESENTASI LAKI – LAKI DALAM IKLAN KLINIK KECANTIKAN NATASHA SKIN CLINIC CENTER DAN ERHA CLINIC (ANALISIS STUDI SEMIOTIK). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.44-16 Pit r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi laki-laki dalam iklan klinik kecantikan Natasha Skin Clinic Center dan Erha Clinic. Selama ini laki-laki selalu dikaitkan dengan maskulinitas beserta peranannya sebagai sosok yang kuat dan aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan laki-laki dalam iklan klinik kecantikan. Penelitian ini menarik karena membandingkan representasi laki-laki dalam masing-masing klinik kecantikan. Peneliti menggunakan Teori Semiotik Roland Barthes, untuk melihat makna denotasi dan konotasi yang ada pada iklan cetak tersebut. Pemaknaan yang dilihat dari iklan klinik kecantikan Natasha Skin Clinic Center dan Erha Clinic dibagi lagi menjadi 3 yaitu Non-coded iconic message yang merupakan makna denotasi yang ada dalam gambar selain tulisan, Coded iconic message yang merupakan makna konotasi dalam gambar selain tulisan, dan Linguistic message yang merupakan makna denotasi maupun konotasi dalam gambar yang berupa tulisan. Sehingga dari tahapan ini peneliti dapat mendeskripsikan representasi laki-laki dalam iklan klinik kecantikan Natasha Skin Clinic Center dan Erha Clinic. Dengan menggunakan tinjauan pustaka yakni Representasi dan Iklan, Laki-Laki dalam Iklan, Iklan sebagai Media Massa, dan Semiotik. Berdasarkan rumusan masalah dari riset ini, hasil yang didapatkan peneliti mengenai representasi laki-laki dalam iklan klinik kecantikan Natasha Skin Clinic Center dan Erha Clinic ialah kedua klinik ini mengukuhkan mitos kecantikan yang menjadi urusan perempuan namun ketika laki-laki yang melakukannya tidak serta merta laki-laki digambarkan dengan sosok yang feminine. Natasha Skin Clinic Center merepresentasikan laki-laki aktif dan tampil di ranah publik namun tetap mempedulikan penampilan dan tampil trendy. Sedangkan dalam iklan klinik kecantikan Erha Clinic merepresentasikan laki-laki yang macho namun tetap peduli pada kebersihan tubuhnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.44/16 Nat a
Uncontrolled Keywords: Representasi, Laki-laki, Maskulinitas, Metroseksual, Iklan, Semiotik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Yenny Annisa Pitaloka, 071211532014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 26 Aug 2016 09:05
Last Modified: 06 Jun 2017 23:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41243
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item