PENGARUH PARTISIPASI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN LIMA VARIABEL MODERATOR

DINA ALAFI HIDAYATIN, 040610238 (2010) PENGARUH PARTISIPASI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN LIMA VARIABEL MODERATOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-hidayatind-16793-abstrak-p.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-hidayatind-14140-kkbkk-2-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) apakah partisipasi mempengaruhi kepuasan pemakai, 2) apakah kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, komunikasi pemakai-pengembang, dukungan manajemen puncak memoderasi pengaruh partisipasi terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi, dan 3) apakah terdapat perbedaan rata-rata partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi pada PT PLN (Persero) dan Pemerintah Kabupaten Lamongan. Pengujian hipotesis dilakukan pada 200 responden dimana 100 responden berasal dari PT PLN (Persero) Jasa Sertifikasi dan 100 responden dari 4 SKPD Pemerintah Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan dalam pengujian hipotesis ini adalah regresi linier untuk menguji pengaruh partisipasi terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Untuk menguji lima variabel moderasi menggunakan metode MRA (Moderated Regression Analysis). Sedangkan untuk menguji perbedaan rata-rata partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi antara PT PLN (Persero) dan Pemerintah Kabupaten Lamongan menggunakan metode Uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) partisipasi pemakai berpengaruh terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi, 2) pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi dimoderasi oleh lima variabel moderator, yaitu kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, komunikasi pemakai-pengembang dan dukungan manajemen puncak, 3) variabel kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, komunikasi pemakai-pengembang dan dukungan manajemen puncak merupakan quasi moderator, 4) terdapat perbedaan rata-rata partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi pada PT PLN (Persero) dan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 427-10 Hid p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACION; MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG3810-4000 Foreign exchange. International finance. International monetary system
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D3 Database management and System design
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.S88 System analysis and System design
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
DINA ALAFI HIDAYATIN, 040610238UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHABIBURROCHMAN, H.,S.E.,M.Si.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 22 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Oct 2016 18:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4131
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item