PELAYANAN PRE-FLIGHT CHECK (Studi Deskripsi Upaya Pre-Flight Check Menangani Penumpang Yang Mengalami No-Operate/Cancel Flight Oleh PT. Sriwijaya Air)

AGATA PRATIWI PRAWITASARI, 072310213099 (2016) PELAYANAN PRE-FLIGHT CHECK (Studi Deskripsi Upaya Pre-Flight Check Menangani Penumpang Yang Mengalami No-Operate/Cancel Flight Oleh PT. Sriwijaya Air). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Tugas Akhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terjadinya no-operate/cancel flight akan membuat pengguna jasa penerbangan merasa sangat dirugikan. Adanya divisi Pre-Flight Check dapat meredam kekecewaan penumpang dengan menginformasikan bahwa akan terjadi no-operate/cancel flight pada pesawatnya. Bukan hanya menginformasikan namun juga memastikan status penumpang, apakah tetap akan terbang sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Sriwijaya Air atau menggunakan pilihan lain dengan merefund tiketnya. Dalam setiap pelayanan jasa, memiliki kendala yang proses penyampaian tujuannya, tidak terkecuali pada divisi Pre-Flight Check. Sehingga penulis tertarik untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh Pre-Flight Check dan bagaimana penanganan yang dilakukan oleh Pre-Flight Check agar tujuan dalam menginformasikan dan memastikan status penumpang dalam no-operate/cancel flight Fokus dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis ini adalah bagaimana upaya penanganan kendala yang dihadapi oleh Pre-Flight Check dalam pelayanannya kepada penumpang yang mengalami no-operate/cancel flight. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif, yang lebih banyak menjelaskan tentang permasalahan yang diangkat oleh penulis. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui pelayanan yang diberikan oleh Pre-Flight Check dalam hal menginformasikan menggunakan sarana SMS, telepon, dan e-mail. Selain itu mengetahui kendala Pre-Flight Check dalam pelayanannya yaitu kendala teknis dan non-teknis. Dalam penanganan kendala non-teknis seperti complain dan miss communication yang disebabkan oleh call back diperlukan kemampuan komunikasi yang baik. Dalam melakukan pelayanan dan penanganan kendala, Pre-Flight Check menerapkan pelayanan prima.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV.PW. 50/16 Pra t
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Pre-Flight Check, No-Operate/Cancel Flight, Sriwijaya Air.
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX851-885 Dining-room service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
AGATA PRATIWI PRAWITASARI, 072310213099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDian Yulie R, S.Sos.,MM.,PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2016 18:26
Last Modified: 26 Oct 2016 18:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45389
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item