KOMUNIKASI ORGANISASI KETIKA MENGHADAPI PERUBAHAN DALAM ORGANISASI (Kasus Komunikasi Organisasi Kepala Sekolah Smp Negeri 48 Surabaya Pasca Pergantian Kepala Sekolah)

Mohammad Insan Romadhan, 071414853010 (2016) KOMUNIKASI ORGANISASI KETIKA MENGHADAPI PERUBAHAN DALAM ORGANISASI (Kasus Komunikasi Organisasi Kepala Sekolah Smp Negeri 48 Surabaya Pasca Pergantian Kepala Sekolah). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSK.13-16 Rom k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai komunikasi organisasi yang dilakukan kepala sekolah SMP negeri 48 Surabaya dalam menghadapi perubahan di dalam organisasi. Penelitian ini dilakukan karena organisasi terdiri dari bagian-bagian yang saling tergantung satu sama lain, sedangkan ketika terjadinya perubahan dalam hal ini pergantian kepala sekolah, hal tersebut akan berpengaruh kepada bagian-bagian organisasi lainnya, antara lain ketidakpastian informasi pada anggota-anggota organisasi, sehingga komunikasi organisasi kepala sekolah yang baru menjadi penting dalam mengelola situasi di sekolah terkait dengan perubahan organisasi. Selain itu dalam penelitian ini juga mengkaji mengenai pendekatan komunikasi organisasi yang dominan yang diterapkan oleh kepala sekolah SMP Negeri 48 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, metode penelitiannya menggunakan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dimana data yang didapat nantinya pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil dan temuan dari penelitian ini adalah komunikasi organisasi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Negeri 48 Surabaya dalam menghadapi perubahan organisasi yaitu pendekatan komunikasi organisasi yang dominan yang diterapkan oleh kepala sekolah SMP Negeri 48 Surabaya adalah pendekatan komunikasi organisasi human relations. Sedangkan strategi komunikasi organisasi yang diterapkan adalah identify and replay.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.13/16 Rom k
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Organisasi, Pendekatan Komunikasi Organisasi, Proses Perubahan Organisasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Mohammad Insan Romadhan, 071414853010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHenri Subiakto, Prof. Dr., S.H.,M.A.UNSPECIFIED
Thesis advisorSanti Isnaini., Dr., S.Sos., M.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Nov 2016 19:47
Last Modified: 13 Nov 2016 19:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45673
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item