PENGENDALIAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS RANTAI NILAI UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING STUDI KASUS PADA PT. X DI SURABAYA

DANU PUSPA WIDAGDO, 049916381 (2004) PENGENDALIAN BIAYA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS RANTAI NILAI UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING STUDI KASUS PADA PT. X DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 16-05 Wid P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis rantai nilai merupakan alat analisis stratejik yang dapat digunakan untuk memahami keuuggulan kompetitif secara lebih baik, untuk meningkatkan nilai pelanggan atau menurunkan biaya, dan untuk memahami secara lebih baik hubungan perusahaan dengan pemasok, pelanggan, dan perusahaan lain dalam industri. Aktivitas nilai dalam rantai nilai dapat dibagi ke dalam dua golongan besar, yaitu aktivitas primer dan aktivitas pendukung. Kedua aktivitas tersebut saling terkait dan menunjang keseluruhan rantai nilai. Identifikasi aktivitas akan membantu perusahaan untuk menganalisis sumber keunggulan kompetitif yang dimiliki. Penelitian yang dilakukan terhadap PT. X di Surabaya merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti membandingkan konsep dan menghimpun fakta yang berhubungan dengan penelitian, seperti mengidentifikasi aktivitas nilai, mendiagnosa cost driver, dan menganalisis laporan biaya tanpa melakukan pengujian hipotesa untuk menjawab rumusan masalah. PT. X telah memusatkan aktivitas nilainya pada aktivitas perusahaan yang bergerak pada industri. Namun, karena PT. X belum menerapkan analisis rantai nilai, maka masih terbuka peluang untuk mengelola aktivitas-aktivitas yang berlangsung. Misalnya, PT. X mengeluarkan biaya aktivitas manajemen sumberdaya manusia yang lebih besar dibanding dengan aktivitas nilai lainnya dalam aktivitas pendukung tapi belum memperhatikan peningkatan sumberdaya manusia dengan mengadakan pelatihan bagi pegawainya. Penerapan analisis rantai nilai dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi tahap-tahap rantai nilai dimana perusahaan dapat meningkatkan nilai pada pelanggan atau untuk menurunkan biaya. Selain itu, perusahaan dapat mengetahui apakah telah memiliki proporsi yang seimbang dalam melakukan aktivitasnya dan mengetahui aktivitas yang telah dilakukan seeara efisien. Penurunan biaya atan peningkatan nilai yang dicapai dapat membuat perusahaan menjadi lebih kompetitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 16-05 Wid P
Uncontrolled Keywords: analisis rantai nilai, identifikasi cost driver, eliminasi biaya, keunggulan kompetitif
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DANU PUSPA WIDAGDO, 049916381UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBAMBANG TJAHJADI, DR., SE., MBA., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2016 21:18
Last Modified: 16 Nov 2016 21:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45931
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item