PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL DALAM RANGKA EVALUASI DAN PENINGKATAN PENGENDALIAN INTERN PADA FUNGSI PENGADAAN BARANG DAGANGAN DI PUSAT PERKULAKAN JALAJAYA SURABAYA

ESTI PURWANTI ASRI, 049836154 (2000) PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL DALAM RANGKA EVALUASI DAN PENINGKATAN PENGENDALIAN INTERN PADA FUNGSI PENGADAAN BARANG DAGANGAN DI PUSAT PERKULAKAN JALAJAYA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 20-01 Asr p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan yang tajam antar perusahaan telah mewarnai era globalisasi saat ini. Oleh sebab itu untuk dapat menjaga kinerja perusahaan agar tetap berjalan dengan baik, kiranya perusahaan harus dapat memanfaatkan penggunaan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien. Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam mencapai efisiensi dan efektifitas kegiatan operasional adalah adanya Struktur Pengendalian Intern yang mcmadai terhadap setiap kegiatan operasionalnya. Agar pengendalian intern dalam pcrusahaan tetap efektif, maka diperlukan pengawasan dan evaluasi secara terus-menerus dari pihak manajemcn. Penerapan audit operasional akan membantu pihak manajemen dalam mengevaluasi organisasi, kegiatan, teknik-teknik manajemen dan pengendalian intern yang ada dalam mencapai tujuan perusahaan. Yang mana audit operasional adalah suatu jenis audit yang mempunyai tujuan untuk menilai efisiensi dan efektivitas suatu bagian, divisi, atau departemen dengan melakukan penelaahan atas bagian manapun dari prosedur dan metode operasi suatu organisasi. Audit operasional verorientasi pada kinerja operasi perusahaan untuk masa mendatang yang berati juga mcmbantu mcningkatkan kinerja manajemen, oleh karena itu audit operasional perlu dilaksanakan secara periodik. Dengan melalui tahap audit opcrasional ini, evaluasi pcngendalian intern dapat dilakukan lebih terarah dan terinci. Penerapan audit operasional pada fungsi pengadaan barang dagangan di Pusat Perkulakan Jalajaya, telah menghasilkan berapa temuan, yakni pemasok tidak dipilih berdasarkan tender atau pengiriman surat permintaan penawaran harga kepada para pemasok, tetapi supplier yang datang ke perusahaan untuk menawarkan barangnya. Perusahaan belum mempunyai fungsi pemeriksaan intern tersendiri sehingga selama ini tidak ada fungsi khusus yang mengadakan penelaahan dan pengevaluasian terhadap aktivitas operasi secara keseluruhan. Belum semua dokumen yang digunakan dalam pengadaan barang dagangan mempunyai nomor urut tercetak dan pcnggunaan secara bebas oleh pihak yang tidak bcrkepentingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 20-01 Asr p
Uncontrolled Keywords: AUDIT OPERASIONAL
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ESTI PURWANTI ASRI, 049836154UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorISNALITA, Dra., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 17 Nov 2016 17:08
Last Modified: 17 Nov 2016 17:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46043
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item