ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN DENGAN PENDEKATAN BALANCE PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEM (STUDI KASUS PADA PERTAMINA UPPDN V SURABAYA)

POPO MARTANDRI, 049615218 (2000) ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN DENGAN PENDEKATAN BALANCE PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEM (STUDI KASUS PADA PERTAMINA UPPDN V SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 24-01 Mar a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan berkembangnya perekonomian ke arah perekonomian yang berbasis pengetahuan, maka modal "konvensional" menjadi "kurang penting" dibandingkan dengan modal-modal yang berbasis pengetahuan dan teknologi seperti intellectual capital. Dengan adanya fenomena ini maka peneliti tertarik untuk meneliti mengenai pengaruh intellectual capital terhadap produktivitas pekerja dengan mengambil obyek penelitian PERTAMINA UPPDN V Surabaya. Daniel J. Knight mengemukakan pendapatnya, bahwa dengan memodifikasi balance scorecard yang dikemukakan oleh Kaplan dan Norton menjadi balance performance measurement system, perusahaan dapat mengukur pengaruh intellectual capital terhadap kinerja perusahaan. Balance performance measurement system seperti halnya balance scorecard bersifat komprehensif, yaitu tidak hanya mengukur kinerja dari aspek keuangan saja tetapi juga mengukur kinerja nonkeuangan yang meliputi aspek human capital yang terkait dengan perspektif belajar dan tumbuh, structural capital yang terkait dengan perspektif proses bisnis internal dan relational capital yang terkait dengan perspektif pelanggan. Dengan menggunakan a1ternatif pendekatan balance performance measurement system dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan dan mengelola intellectual capital secara optimal ini akan meningkatkan produktivitas karyawan. Dan dalam jangka panjang akan dapat meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 24-01 Mar a
Uncontrolled Keywords: INTELLECTUAL CAPITAL; EMPLOYEE PRODUCTIVITY
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
POPO MARTANDRI, 049615218UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPARWOTO WIGNJOHARTOJO, Dr., SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 17 Nov 2016 23:53
Last Modified: 17 Nov 2016 23:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46164
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item