PEMANFAATAN THEORY OF CONTRAINTS DALAM RANGKA OPTIMASI PROSES PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN DI PT. SURYA SAKTI UTAMA SURABAYA

WANDASARI HERNAWATI, 049711853 E (2002) PEMANFAATAN THEORY OF CONTRAINTS DALAM RANGKA OPTIMASI PROSES PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN DI PT. SURYA SAKTI UTAMA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 19.03 Her p.pdf

Download (880kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aktivitas pmduks! adalim al-:tivitl:ls yau/! paling penting. karena berkrutan dengan pengelolahan sumber daya menjadi prod uk siap jual, Avabila <tkuvltas produksl terhambat karcna adanya kcndaia tenemu. rnaka al-.an mempengamhi taba yang akan illperoleli perusahaaR Pengciolailall ~mnbt-"'T daya \-ang optimal memerlukan program perencanaan dan pcngendalian proses produksl yang tepat dahlin pelaksauarumya dan dapat mengldemifikasikan kendala·kendala yang akan dihadapj penlsaliaan, sefta 3umber daya-sumbcr daya yang dim~hkj perusahaan. Pcrmasalalrul! yang ada pada PT SSU berawal dan tidak terpenulHl1ya permintaall pasar yang discbabkan adanya kemlala pacta saJ'd!1l'l produksi yang dt!,!.lIoakan. Kendala tersebut terjaili karcna kapasita~ mesin yang tcrsedia tidal mencukupi total kebutuhan waktu prorluksi. Bcdasarkan perhirungan rasio kendala, dapat diirlentlfikasl bahwa terdapat kendala pa,ja mesin wi rotong. Kapasitas mcsin fO! potong saar ini hanya mampu 18,35 Il/" dan total kebutnhan waktu produksi yang d!butuhkan untuk dapat memenuhi seluruh pennilltaan pasar \-iCI1UIUt perhinmgan TOC, swnbangan throughpul tcrbcsar dari serial' produk yang akan melalui mesin atau bagJan pmduk bc-rkcudala menjadi prioriras penama. Hal ini dilakukan glma JU<.'ujamin bahwa pmduksi yang dHakukan adalah pmduksi yang paUng met1b'lUltnngkan. Bila proses produksi telah optimal. namun perusahaan bell,lm dapat memeuufu permilltaan pasar secara kesduruhan, maka masaJah pada me:;in wI potol1g hatus diatusi Icrlebih dahulu. deugan card menambah jumlah mesil1 berkendala tersebut dan melakukan perlJadlialan ai.;tivlta'{ produksl :;chingga kelancanm proses produksj secara keselmuhan lidak lergruig'k-'ll. TOC merupakan usaha optimas! jangka pendek dan menganggap semua variabel yang mempengaruhtoya adaiah tetap Bilo. variabel yang: mempcngaruhinya berubah maka hasil perhitungan dan analisa TOe yang: telah dllakukan dapat bcmbah dan untuk mengetahui s.eberapa besar perubahan perhitungan TOC tersebut dapal dilakukan analiga sensitiviras, yang menunjukan bagaimana perubahan berbagai vari8bel yang. rc1cvan akan mernpengaruhi tetjadinya kcndala yang berarri pula mcmpengaruhi rhrouFhpll1 yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK. A. 19-03 Her p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: THEORY OF CONTRAINTS; MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
WANDASARI HERNAWATI, 049711853 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElia Mustikasari, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Nov 2016 23:03
Last Modified: 12 Jun 2017 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46223
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item