PENGGUNAAN TARGET COSTING DENGAN VALUE ENGINEERING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PADA PT. X

PERDANA MAHARTIKA, 040113902 (2004) PENGGUNAAN TARGET COSTING DENGAN VALUE ENGINEERING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PADA PT. X. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 93-05 Mah p.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. "X" yang berlokasi di gresik. PT. "X" adalah sebuah perusahaan yang memproduksi keramik lantai, keramik dinding dan keramik dekoratif. Kondisi persaingan pada produk tersebut semakin kompetitif saat ini dan arus infonnasi yang semakin cepat memaksa PT. "X" untuk selalu mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi di pasar agar dapat bertahan dan bahkan memimpin persaingan tersebut. Saat ini persaingan yang dihadapi oleh PI.")(" adalah persaingan pada harga, PI."X" mempunyai harga yang lebih tinggi dipasaran yang mengakibatkan daya saing PT."X" menurun. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan dalam rangka menekan biaya produksi sehingga harga yang ditawarkan pun lebih rendah daripada sebelumnya dengan tetap menjaga kualitas dan fungsi produk serta dapat meningkatkan daya saing pada PT."X". Dalam rangka menekan biaya produksi PI."x" dapat menggunakan metode target costing. Metode target costing bekerja mundur, dimulai dari menentukan competitif price dan kemudian menentukan target profit yang sudah ditetapkan perusahaan. PI.''X'' harus melakukan penghematan-penghematan dalam mencapai target cost yang diinginkan dengan didukung value engineering. Value engineering merupakan cara untuk mengurangi atau membuang biaya-biaya non-value added dengan tetap mempertahankan fungsi dan kinerja yang sudah ditetapkan perusahaan. Sebelum dilakukan penelitian, PT.''X'' memiliki harga jual sebesar Rp.22.800,OO/m2 dan setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan target costing yang didukung value engineering PT."X" mampu mencapai target cost yang telah ditetapkan yaitu sebesar Rp.20.263,OO/m2 bahkan melampauinya yaitu sebesar Rp.19.796,OO/m2. Setelah dilakukan penelitian, PT."X" mampu menjual sebesar Rp.20.517,OO/m2. dibawah competitif price, sehingga dengan hasil penelitian ~ersebut diharapkan mampu meningkatkan daya saing pada PI.")(".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA165 Engineering instruments, meters, etc. Industrial instrumentation
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA190-194 Management of engineering works
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
PERDANA MAHARTIKA, 040113902UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 21 Nov 2016 18:58
Last Modified: 21 Nov 2016 18:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46463
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item