AUDIT KOMUNIKASI TERHADAP SOSIALISASI PROGRAM TILIK WARGA BUPATI PACITAN (Studi Kasus Pada Sosialisasi Kegiatan Rehabilitasi Atap Bak Penampungan Air dan MCK Sumber Mandi di Desa Katipugal Kabupaten Pacitan)

Asri Rizkiana, 071211532001 (2016) AUDIT KOMUNIKASI TERHADAP SOSIALISASI PROGRAM TILIK WARGA BUPATI PACITAN (Studi Kasus Pada Sosialisasi Kegiatan Rehabilitasi Atap Bak Penampungan Air dan MCK Sumber Mandi di Desa Katipugal Kabupaten Pacitan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Other (FULL TEXT)
SKRIPSI ASRI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program Tilik Warga Bupati Pacitan digunakan untuk menjaring aspirasi dan atau melihat ketersampaian program, juga digunakan untuk memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat. Tilik Warga Bupati Pacitan merupakan program partisipatif yang membutuhkan partisipasi warga. Untuk itu sosialisasi program Tilik Warga Bupati Pacitan menjadi bagian penting yang dilakukan Humas Pemerintah Kabupaten Pacitan untuk dapat memahami permasalahan yang ada di masyarakat terkait dengan penyebaran informasi serta proses adopsi atas program yang dilakukan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui audit komunikasi terhadap sosialisasi program Tilik Warga Bupati yang dipahami melalui akumulasi data, analisis, evaluasi, dan rekomendasi yang diberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Objek penelitiannya yakni pada sosialisasi program Tilik Warga Bupati Pacitan yang dilakukan oleh pihak Humas Pemkab Pacitan. Informan berjumlah 5 orang yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi non partisipan dan studi literatur. Teknik analisis data dilakukan melalui model interaktif Miles & Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa akumulasi data terhadap sosialisasi program memperlihatkan kecilnya peran aktif masyarakat yang berasal dari kurangnya sosialisasi program yang memberikan arahan dan bimbingan bagi masyarakat mengenai perlunya kedudukan mereka sebagai pengelola program. Analisis terhadap sosialisasi program menunjukan bahwa pelaksanaan program Tilik Warga Pacitan memerlukan dukungan media komunikasi yang lebih variatif dalam menunjang sosialisasi. Evaluasi terhadap sosialisasi program secara keseluruhan sudah menunjukkan hasil yang baik dan efektif dalam hal mengkomunikasikan seluruh kegiatan ini. Rekomendasi terhadap sosialisasi program menunjukan bahwa permasalahan pokok terkait dengan pendanaan sehingga Pemkab Pacitan memerluka nterobosan pendanaan dengan menggandeng perusahaan-perusahaan besar untuk melakukan program CSR (Corporate Social Responsibility) dengan lebih meningkatkan peran Humas Pemkab Pacitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 89/16 Riz a
Uncontrolled Keywords: Audit komunikasi, sosialisasi, hubungan masyarakat, good governance, teori pemrosesan informasi sosial, Tilik Warga Bupati Pacitan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Asri Rizkiana, 071211532001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYAYAN SAKTI S, DR.,S.SOS.,M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2016 22:09
Last Modified: 22 Nov 2016 22:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46745
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item