REAKSI HARGA SAHAM TERHADAP PENGUMUMAN PENGKONVERSIAN OBLIGASI KONVERSI DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 1997 -2003

SARIANAH, 040013100E (2004) REAKSI HARGA SAHAM TERHADAP PENGUMUMAN PENGKONVERSIAN OBLIGASI KONVERSI DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 1997 -2003. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 92-05 Sar r.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Obligasi konversi merupakan salah satu jenis obligasi yang diperdagangkan dibursa. Obligasi konversi memungkinkan pemegang obligasi untuk memilih apakah ingin dikonversikan menjadi saham biasa atau tetap mcmegang obligasi tersebut. Pengkonversian obligasi konversi dilakukan pada sant niIai konversi lebih tinggi dari nilai obligasi atau harga pasar saham lebih tinggi dari harga konversi. Pengumuman pengkonversian obligasi konversi merupakan informasi yang akan diterima oleh investor sebagai isyarat positif maupun negatif. Isyarat-isyarat tersebut mendorong investor untuk mengambil keputusan membeli atau menjual saham yang dimiliki sehingga akan mempengaruhi permintaan dan penawaran saham, dan selanjutnya akan menyebabkan terjadinya kenaikan atau penurunan pada harga saham. Pendekatan dalam penelitian ini adalah event study dengan maksud untuk mengetahui reaksi harga saham di sekitar pengumuman pengkonversian obligasi konversi yang ditunjukkan oleh adanya pendapatan abnormal yang bermakna disekitar pengumuman tersebut. Variabel yang digunakan adaIah rata-rata pendapatan abnormal (AAR) dan rata-rata kumulatif pendapatan abnormal (CAAR). Sampel terdiri dari 18 event perusahaan yang mengumumkan pengkonversian obligasi konversi selarna periode 1997 -2003. Periode penelitian ini terdiri dari periode estimasi selama 90 hari, mulai hari (t-100) sampai dengan hari (t-11) dan periode uji selarna 21 hari, mulai hari (t-IO) sampai dengan hari (t+10) kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu rata-rata. Berdasarkan HasH uji statistik dengan tingkat kepercayaan 95% (a = 5%) ditemukan AAR signiftkan negatif pada t+ 2 dan AAR signifikan positif pada t+3.Hasil ini menunjukkan bahwa pasar gangat bereaksi terhadap informasi pengumuman pengkonversian tersebut. CAAR signifikan negatifteIjadi pada t-4, hal ini herarti dimungkinkan adanya keboeoran informasi mengenai pengumuman pengkonversian tetapi tidak terlalu direspon oleh para investor sehlngga hanya tercermin pada pergerakan CAAR. Adanya nilai AAR yang signifikan pada t+2 dan t+3 dapat dicermati bahwa pasar dengan cepat merespon informasi yang terkandung dalam pengumuman tersebut dan membawa harga saham pada tingkat keseimbangan barn sehingga dapat disimpulkan pasar efisien dalam bentuk setengah kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 92/05 Sar r FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: STOCK EXCHANGES, OBLIGASI KONVERSI
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
SARIANAH, 040013100EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIMAM SYAFI'I, Drs., Ec., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 22 Nov 2016 22:49
Last Modified: 15 Jun 2017 19:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46759
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item