PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS V PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD “X” SURABAYA

Anita Dwi Indriati, 111414253024 (2016) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS V PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD “X” SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (868kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Anita Dwi Indriati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Adversity Quotient dan Self Efficacy Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V Pada Pelajaran Bahasa Inggris di SD “X” Surabaya. Penelitian ini didasarkan pada teori Adversity Quotient dari Paul G. Stoltz, teori self efficacy dari Bandura dan teori motivasi berprestasi dari Mc Clelland. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V pada salah satu SD di wilayah Surabaya Selatan yang berjumlah 98 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 20 for windows. Berdasarkan analisis regresi berganda variabel Adversity Quotient dengan motivasi berprestasi diperoleh harga F regression 3,446 dengan signifikansi 0,754 > 0,05 maka hal ini berarti secara parsial variabel Adversity Quotient tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi. Sedangkan variabel self efficacy dengan motivasi berprestasi diperoleh harga F regression 3,446 dengan signifikansi 0,016 < 0,05. Hal ini berarti variabel self efficacy memiliki kontribusi yang cukup signifikan dalam memprediksi variabel motivasi berprestasi. Berdasarkan analisis regresi variabel Adversity Quotient dan self efficacy dengan motivasi berprestasi diperoleh R square sebesar 0,068. Hal ini berarti secara simultan variabel Adversity Quotient dan self efficacy berpengaruh signifikan terhadap terhadap motivasi berprestasi dan sebesar 1,6% variabel Adversity Quotient dan self efficacy berpengaruh terhadap variabel motivasi berprestasi, sedangkan 8,4% dijelaskan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 41/16 Ind p
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient dan self efficacy, motivasi berprestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Anita Dwi Indriati, 111414253024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrihastuti, Dra., SU., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2016 18:02
Last Modified: 23 Nov 2016 18:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item