ANALISIS HUBUNGAN ANTARA BUDAYA PERUSAHAAN DENGAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA DEPARTEMEN PABRIK GRESIK DIREKTORAT PRODUKSI PT. SEMEN GRESIK Tbk.

DONI NUGROHO, 049514112 (2000) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA BUDAYA PERUSAHAAN DENGAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA DEPARTEMEN PABRIK GRESIK DIREKTORAT PRODUKSI PT. SEMEN GRESIK Tbk. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 142-00 Nug a.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Interaksi dengan lingkungan dan perubahan adalah hal yang tidak bisa dihindari oleh organisasi dalam kerangka pemikiran organisasi sebagai sebuah sistim yang terbuka (organization as an open system). Dalam mengantisipasi hal tcrsebut organisasi atau perusahaan senantiasa berupaya mengelola gejala-gejala perubahan tersebut dengan penetapan kebijakan strategis pada lingkup internal atau ekstemal organisasLPerumusan dan sosialisasi program budaya perusahaan adalah salah satu bentuk kebijakan strategis internal yang dapat mengantisipasi kondisi perubahan yang terjadi. Budaya perusahaan yang kuat (strong cullure) dapat diukur dari tingkat sharedness dan intencity dari aspek-aspek budaya yang disosialisasikan dari pihak perusahaan pada karyawan. Lebih lanjut budaya yung kuat berfungsi sebagai tools perusahaan dalam meningkatkan kualitas serta prestasi bagi karyawan dan organisasi. PT. Semen Gresik Tbk.,sejak tahun 1996 secara resmi telah merumuskan dan mensosialisasikan rumusan budaya perusahaannya yang disebut dengan Budaya Semen Gresik. Dari rumusan budaya tersebut utamanya diharapkan dapat bcrfungsi sebagai pedoman dalam mengarahkan pola pikir serta perilaku karyawan dalam meningkatkan produktivitas dan prestasi organisasi secara keseluruhan. Berdasarkan latar belakang diatas, penelitian ini mencoba untuk menguji dan membuktikan hipotesis, yaitu dugaan bahwa kekuatan budaya perusahaan Semen Gresik memiliki hubungan yang kuat dan signifikan dengan prestasi kerja karyawan Departemen Pabrik Gresik, Dir. Produksi,PT. Semen Gresik Tbk (sebagai unit penelitian). Dalam menganalisis kekuatan budaya digunakan aspek-aspek budaya perusahan milik Fred Luthans, yang terdiri dan : filosofi perusahaan norma perusahaan peraluran perusahaan nilai-nilai perusahan dan iklim perusahaan. Analisis yang dilakukan terhadap skor budaya perusahaan menyimpulkan bahwa secara umum aspek-aspek budaya serta kekuatan budaya Semen Gresik secara keseluruhan sudah cukup kuat. Sedangkan dari hasil perhitungan dengan korelasi Speannan menunjukkan nilai (+) 0,559 yang dapat diartikan bahwa terdapat relasi yang positif dan cukup erat antara kedua variabel yaitu budaya perusahaan dan prestasi kerja karyawan. Dari Uji t yang dilakukan dari nilai koefisen korelasi tersebut ditemukan nilai t hitung sebesar 5,6405, yang sekaligus membuktikan dugaan dari hipotesis. yaitu terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara budaya perusahaan Semen Gresik dengan prestasi kerja karyawan Departemen Pabrik Gresik.Dir. Produksi.PT.Semen Gresik Tbk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 142/00 Nug a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PERFORMANCE, CORPORATE CULTURE, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DONI NUGROHO, 049514112UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Sulasmi, Dra.,Psi., Msc.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 29 Nov 2016 21:19
Last Modified: 15 Jun 2017 20:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47524
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item