ANALISIS PENGARUH TANGGAPAN KONSUMEN ATAS IKLAN DI TELEVISI TERHADAP MINAT UNTUK MEMBELI ROKOK SAMPOERNA HIJAU DI SURABAYA

NI LUH SRI YULIYANNI, 049822372-E (2003) ANALISIS PENGARUH TANGGAPAN KONSUMEN ATAS IKLAN DI TELEVISI TERHADAP MINAT UNTUK MEMBELI ROKOK SAMPOERNA HIJAU DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 134-04 YUL A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemasar akan menerima umpan balik dari komunikasi periklanan yang dilakukannya. Umpan balik ini dapat berupa umpan balik Iangsung berupa penjuaian atau tak langsung terjadi bila komunikasi iklan dievaluasi berdasarkan proses penerimaan konsumen terhadap pesan iklan. Tanggapan terhadap iklan dapat diukur dengan dua cam, yaitu penjualan (kepurusan membeli) dan minat pembelian konsumen. Dapat dikatakan bahwa tanggapan konsumen terhadap sebuah iklan dapat mempengaruhi minat pembelian konsumen terhadap produk yang diikIankan. PT HM Sampoena merupakan salah satu perusahaan di negara kita yang selalu kontinyu melaksanakan program perikIanan bagi produk-produknya, baik itu produk yang sudah lama di pasar maupun produk yang masih baru. Salah satunya yang saat ini diiklankan di televisi adaIah rokok Sampoerna Hijau dengan tpoik bintang Krisayanti yang selanjutnya dipakai sebagai obyek daIam penelitian ini. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adaIah untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap minat konsumen untuk membeli rokok Sampoerna Hijau di Surabaya setelah melihat ikIan di televisi. Data yang digunakan berupa data primer yang digali dari 100 responden di Surabaya. Atas dasar hipotesis yang diajukan, maka alat uji yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan 4 variahel bebas. HasH pengujian atas hipotesis yang diajukan didapat secara simultan variabel bebas yang dimasukkan daIam model, yaitu bintang iklan, pesan iklan, gambar iklan dan lagu atau musik iklan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli pernirsa atas rokok Sampoerna Hijau. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel. Secara parsial variabel bebas yang dimasukkan dalam model, yaitu bintang iklan, pesan iklan, gambar ikIan dan lagu atau musik iklan memitiki pengaruh signifikan terhadap minat beli pemirsa atas rokok Sampoema Hijau. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai t hitnng yang lebih besar dari t tabel. Nitai dari koefisien determinasi (R2) dari basil perhitungan sebesar 0,695. Hal ini berarti 69,5% perubahan variabel tergantung (minat beli rokok Sampoema Hijau pemirsa televisi) mampu dijelaskan oleh variabel-variabel bebas yang dimasukkan daIam model, yaitu bintang iklan, pesan iklan, gambar !klan dan lagu atau musik iklan secara bersamasarna, sedangkan sisanya 30,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 134/04 Yul a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR, ADVERTISING-TELEVISION PROGRAMS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
NI LUH SRI YULIYANNI, 049822372-EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTanti Handriana, SE, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 04 Dec 2016 22:09
Last Modified: 04 Dec 2016 22:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48131
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item