PENGARUH METODE ROLE PLAY TERHADAP PERILAKU IBU TENTANG SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD KB BUKIT SIWALAN GRESIK

RENI KURNIA FAJARWATI, 13111105 (2015) PENGARUH METODE ROLE PLAY TERHADAP PERILAKU IBU TENTANG SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD KB BUKIT SIWALAN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP. N. 107-16 Faj p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa prasekolah adalah masa peralihan antara masa bayi dan masa anak sekolah. Berbagai masalah kesehatan dapat terjadi pada masa ini. Salah satunya yaitu permasalahan hubungan keluarga yaitu sibling rivalry. Sibling rivalry ini dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan ibu. 80% ibu yang memiliki anak lebih dari satu di PAUD KB Bukit Siwalan Gresik menyatakan tidak mengetahui tentang sibling rivalry. 60% ibu memarahi anaknya saat melihat anaknya bertengkar, 30 % menasehatinya dan 10 % menjauhkannya. Desain pada penelitian ini menggunakan desain pra eksperimen one group pre-post test. Populasinya adalah ibu yang memiliki anak lebih dari satu di PAUD KB Bukit Siwalan Gresik. Didapatkan 20 sample dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel independen yang digunakan adalah pendidikan kesehatan tentang sibling rivalry menggunakan metode role play. Variabel dependen adalah perilaku (pengetahuan, sikap dan tindakan) ibu tentang sibling rivalry pada anak usia prasekolah. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan juga lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon dengan signifikan p ≤ 0,05. Hasil menunjukkan ada pengaruh metode role play terhadap pengetahuan ibu tentang sibling rivalry dengan hasil p=0,002. Metode role play juga berpengauh terhadap sikap ibu tentang sibling rivalry dengan hasil p=0,001, serta berpengaruh terhadap tindakan ibu tentang sibling rivalry dengan hasil p = 0,002. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode role play mempengaruhi perilaku (pengetahuan, sikap dan tindakan) ibu tentang sibling rivalry di PAUD KB Bukit Siwalan Gresik. Metode role play dapat diaplikasikan sebagai pendidikan kesehatan pada ibu untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 107-16 Faj p
Uncontrolled Keywords: role play, pengetahuan, sikap dan tindakan, sibling rivalry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1140-1140.5 Preschool education. Nursery schools
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
RENI KURNIA FAJARWATI, 13111105UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKristiawati, S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.AnUNSPECIFIED
ContributorIlya Krisnana, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 05 Dec 2016 21:40
Last Modified: 06 Jun 2017 16:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48353
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item