ANALISIS FAKTOR PENGETAHUAN DAN SIKAP TUKANG BECAK DALAM MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS

PANJI INTAN PERWANI, 131111103 (2015) ANALISIS FAKTOR PENGETAHUAN DAN SIKAP TUKANG BECAK DALAM MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
FKP N 130_16 Per a ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 130_16 Per a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kecelakaan lalu lintas sampai saat ini masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Kecelakaan lalu lintas menurut Peraturan Pemerintah RI No. 43 tahun 1993 adalah sebuha peristiwa yang terjadi karena tidak kesengajaan dan tidak terduga melibatkan kendaraan atau dengan pengguna jalan lainnya yang mengakibatkan korban manusia dan kerugian harta benda. Korban kecelakaan yang jatuh dalam kondisi gawat darurat yang dimana sedang terancam jiwanya dan harus segea mendapatkan penanganan pertolongan pertama yang tidak lain usaha untuk memberikan support yang dapat menunjang kehidupan korban sebelum bantuan medis datang. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi sejauh mana pengetahuan dan sikap para tukang becak di sepanjang Jalan Raya Wilayah Kecamatan Tandes terhadap pertolongan pertama pada korban kecelakaan karena para tukang becak ini yang setiap harinya selalu berada di pinggir jalan raya tersebut yang terdaftar dengan angka kecelakaan yang tinggi. Metode: Desain pada penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah tukang becak yang berada di pinggir Jalan Raya Wilayah Kecamatan Tandes Surabaya. Didapatkan 24 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisa dengan cara presentase manual. Hasil: Dari hasil analisa manual menunjukkan bahwa pengetahuan tukang becak banyak berada di skor kategori cukup dan sikap tukang becak berada di skor kategori positif. Kesimpulan: Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat pengetahuan tukang becak di Wilayah Kecamatan Tandes Surabaya dalam pertolongan pertama pada korban kecalakaan lalu lintas ialah cukup dan sikap positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP. N. 130-16 Per a
Uncontrolled Keywords: Pertolongan pertama, kecelakaan lalu lintas, tukang becak, pengetahuan, sikap
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
PANJI INTAN PERWANI, 131111103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYulis Setiya Dewi, S.Kep., Ns., M.NgUNSPECIFIED
ContributorSriyono, Ns., M. Kep., Sp. Kep.MBUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 06 Dec 2016 21:46
Last Modified: 06 Jun 2017 22:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48535
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item