ANALISIS ASPEK-ASPEK STRATEGIS PERUSAHAAN SEBAGAI DASAR PERTIWBANGAN SEBELUM MENERAPKAN REVALUASI AKTIVA TETAP PADA PT. PANCAMITRA ICHIGOJAYA MALANG

DILLA HERMAWATI (2002) ANALISIS ASPEK-ASPEK STRATEGIS PERUSAHAAN SEBAGAI DASAR PERTIWBANGAN SEBELUM MENERAPKAN REVALUASI AKTIVA TETAP PADA PT. PANCAMITRA ICHIGOJAYA MALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 265-02 HER A-edt.pdf

Download (371kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Revaluasi aktiva tetap sebenamya tidak diperkenankan menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK) karena SAK menganut penilaian aktiva berdasarkan harga perolehan, tetapi penyimpangan dari ketentuan ini mungkin dilakukan berdasarkan kebijakan pemerintah. Kebijakan revaluasi aktiva tetap tdab beberapa kali diterbitkan oleh pemerintab, kebijakan yang paling akhir adalah Keputusan Menteri Keuangan No. 384IKMK.04/1998 tanggal 14 Agustus 1998. Revaluasi merupakan suatu peluang yang diberikan pemerintah agar bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki struktur keuangan perusabaan. Revaluasi aktiva tetap akan mengakibatkan naiknya beban penyusutan aktiva tetap dan dengan sendirinya akan menaikkan harga pokok produk dan mengurangi laba kena pajak. Dengan menurunnya laba kena pajak maka beban pajak yang terhutang akan berkurang. Akan letapi selain keuntoogan tersebut, dengan menerapkan revaluasi perusahaan harus melakukan pengorbanan atas pajak penghasilan (PPh) final 10% dari selisih lebih revaluasi. Dengan menyadari hal tersebut di atas maka sebelum menerapkan kebijakan revaluasi aktiva tetap, sebaiknya didahului dengan analisis terhadap aspek-aspek strategis perusahaan yang berkaitan dengan revaluasi aktiva tetap, yaitu analisis terhadap aspek rasio keuangan, aspek strategi penetapan harga (pricing strategyj dan aspek penghematan pajak (tax saving). Analisis terhadap rasio keuangan dilakukan dengan menghitung rasio-rasio keuangan yang berkaitan dengan revaluasi aktiva tetap untuk mengetahui ukuran kinelja, efisiensi dan profitabilitas perusahaan. Analisis terhadap aspek priemg strategy dilakukan dengan menghitung biaya overhead pabrik pada proses produksi beserta harga pokok produknya. Analisis aspek tax saving dilakukan dengan menghitung penghematan PPh yang didapat jika perusahaan menerapkan revaluasi aktiva telap dan dibandingkan dengan PPh final alas selisih lebih revaluasi aktiva tetap yang harns ditanggung oleh perusahaalL PT. Panearnitm lchigojaya sebagai subyek penelitian, merupakan perusahaan industri bayi dan anak-anak yang berkedudukan di Malang, memiliki aktiva tetap yang dikelompokkan berdasarkan masa manfaatnya, dengan masa manfaat terlama 16 tahoo (kelompok 3), ootuk kelompok bukan bangunan. Penerapan revaluasi pada PT. Pancarnitra Ichigojaya akan memberikan keootungan-keootoogan juga kerugian. perusahaan dapat melakukan anal isis terhadap 3 aspek strategis tersebut agar dapat memaksimalkan keootungan-keuntungan dan meminimalkan kerugian serta dapat mengarnbiI langkah-Iangkah yang terbaik bagi perusahaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 265/02 Her a
Uncontrolled Keywords: ACCOUNTING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DILLA HERMAWATINIM040013473-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantWIDI HIDAYAT, Drs., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Dec 2016 19:35
Last Modified: 11 Jun 2017 18:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48637
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item