DEVIETA DYAH SUSANTI, 040123969E
(2004)
PENILAIAN PROFITABILITAS SEGMEN PRODUK BERDASARKAN LAPORAN SEGMENTASI DENGAN PENDEKATAN VARIABLE COSTING PADA PT. "X" DI GRESIK.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
PT. X yang rnernproduksi lebih dari satu jenis produk sangat pcrlu rnembuat laporan segmentasi untuk mengetahui profitabilitas masing-masing produk. Hal ini dikarenakan masing-rnasing segmen produk memiliki aktivitas dan tingkat profitabilitas yang berbeda. Laporan segmentasi dapat memberikan informasi kepada manajemen mengenai seberapa besar kontribusi laba yang diberikan masing-masing segmen produk dalam rnendukung laba perusahaan secara keseluruhan, selain itu penilaian profitabilitas segmen produk juga berguna untuk rnerencanakan tindakan dan membuat keputusan yang berhubungan dengan eksistensi berkelanjuatan masingmasing scgmen, tingkat pendanaan, dU. Laporan segmentasi dengan pendekatan variabel costing dipilih karena dcngan pendekatan ini perusahaan mampu melihat kontribusi masing-masing segmen yang kemudian dipakai untuk menghitung segmen marjm rasio (SMR) dimana dengan mengetahui SMR kita bisa mengetahui seberapa besar kontribusi laba masing-rnasing segmen produk.
Berdasarkan latar belakang di atas penulis melakukan penelitian dengan obyek penelitian mengenai penilaian profitabilitas segmen produk berdasarkan laporan segmentasi dengan pendekatan varia bel costing untuk membantu manajer dalam menilai kineIja produk. Pendekatan yang dipakai adalah kualitatif yaitu mengolah data secara kualitatif, menggolongkan data, dan menguraikan secara deskriptif hasil penelitian yang dilakukan, yaitu menentukan kontribusi dari masingmasing segmen produk kemudian menghitung segmen marjin rasia (SMR) untuk mengambil kesimpulan yang bersifat kualitatif yaitu bagaimana kineIja dari produkproduk tersebut berdasarkan deskriptif dari hasil penelitian
Actions (login required)
|
View Item |