PERGULATAN JATI DIRI MANUSIA DALAM NASKAH DRAMA" WABAH " KARYA HANINDAWAN

DWl SETYO BUDIONO, 079314027 (2002) PERGULATAN JATI DIRI MANUSIA DALAM NASKAH DRAMA" WABAH " KARYA HANINDAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk FS BI 03.03 Bud p.pdf

Download (304kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelihan terhadap naskah drama "'Wabah" karya Hanindawan iui bcrangka1 dati asumsi, bahwa flaskah drama ini mengangkat pcnnasalahan <ksistensi manUSI3 pada jaman ini. Deugau demlkian tujuan penelitjan in; dihampkan sesuai dengan asmnsi awal yaitu wltuk mengeiahui pergulatan jatl diri manusia se1am menambah khasanah telaah sastra. Penelitian ini menggunakan toon stmktural dan tilsafut cksistcnsiahsme. Teori struktural digunakan untuk membongkar clemen-clemen dari karya sastra, sehingga dapat sejauh mungkin dipaparkan ketcrkaitan unsur-lmsumya. Kemudian baru dianalisis dengan mengt,'lmakan teori ekslstensialisme untuk mcnganalisis makna secara IDCuyeluruh. Penelitian iui meng&runakan metode kuaiilatlf dengan memanfaatkan studi kepustakaan dengan anahsls meJlggunakan trori struktural. Kemndian untuk memaknainya menggnuakan filsafat eksistensialisme, Basil dan anajisls stmktur adalah ditemukannya imhungan ynng erat an1ara tokoh dan pcnokohannya yang di duklmg oleh alur, selffng dan tema dalam naskah drama tcrsOOul. Tokoh-tokoh (Rusdi, Narsi dan Arti) yang sedang mcngalami pcrgulataD Jati din dalam menyikapi permasalahan yang melingkunginya, baik personal maupun sosiaL PCr$oalan bilangnya muka atau jati din yang rnewahah pada tokob-tokoh di dalam naskah 1m, kemudian beThanIa-sama mencari muka dan mendapatkan muka kembah. Juga adanya tokoh sebagai sirnbol dan situasi~situasi yang mernbangun ccrita (Maman, Mak sun dan Salak). Jalinan ceota atau alur dalam naskah iui juga sanga! s.¢derhana dengan menggunakau a1m maJu sehingga mcmperlihatkan centa dengan pennasalahannya. Demikian Juga dengan latar waktu, cerita terjadi saat malam han dan sebuah ruang yang bis.1 mcnjadi apa saja. Seiain lID, tatar naskah mempakan latar Indonesia dengao scdikit mcnggunakan idiom-idiom Jawa. Dari semua deri} pembongkaran struktur naskah, '"Wahah", seJail1 mcnjadi judul cerita juga merupakan kata kunci UHluk mcngungkap makna naskah drama ini. Karena baik tokoh, penokohan, SCllln;';, aluc dan tema adalah hasil pengembangan dati kata terscbut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS BI 03/03 Bud p
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
DWl SETYO BUDIONO, 079314027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantADI SETIOWATI, Dra., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 27 Dec 2016 18:33
Last Modified: 14 Jun 2017 20:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50096
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item