MAKNA SIMBOL-SIMBOL PADA IKLAN TELEVISI TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL Analisis semiotik mengenai makna simbol-simbol pada iklan televisi Tolak Angin Sido Muncul versi 'Bursa' dan 'Wynne Prakusya'

Agatha Hoyi Puspitaningrum, 079815733 (2003) MAKNA SIMBOL-SIMBOL PADA IKLAN TELEVISI TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL Analisis semiotik mengenai makna simbol-simbol pada iklan televisi Tolak Angin Sido Muncul versi 'Bursa' dan 'Wynne Prakusya'. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 25-04 PUS M 079815733.pdf

Download (345kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan-Iklan jamu selama Inl cenderung terperangkap dalam satu dimensi citra. Jamu kerapkali dlposisikan sebagai minuman masyarakat bawah. Kecenderungannya memasang bintang-bintang Snmulat seOOgal endorser dalam tiap iklan produk serta tampilan iklannya yang sangat minimalis membuat iklan jamu terkesan minim kreativitas. Namun sekarang OOnyak bermunculan di televisi iklan jamu yang dikemas dengan tampilan lebih fresh atau berbeda dengan yang sebelumnya. Tampilan iklan-iklan jamu yang baru ini didukung dengan simbol-simbol yang dapat memunculkan penilaian baru tentang jamu dl masyarakat. Pemakaian endorser-nya pun sudah tak lagl menggunakan blntang Snmulat. Hal ini bisa dilihat dan iklan jamu Tolak Angin Sido Muncul yang mana memasang ahli pemasaran, Rhenald Kasali, petenis Wynne Prakusya serta bintang sinetran, Sophia LatjuOO untuk membintangi iklan-iklan produknya, Berpijak dari fenomena tersebut, maka penelitian in! mengambil rumusan permasalahan, bagaimana makna simbol-simbo1 pada iklan televisl Tolak Angln cair Side Muncul versi 'Bursa' dan 'Wynne Prakusya'. Untuk itu unjauan pustaka yang digunakan antara lain: tramsi dan Ikatan Kekerabatan Masyarakat Tionghoa, iklan seOOgai elemen OOuran pernasaran yang dirancang untuk mencapai pasar seseran tertentu, Iklan sebagai industri kapaalis, penggunaan seleblitis sebagai endorser dalam iklan prod uk, mitoS-mitos tentang jamu yang ditampilkan dalam iklan jamu dan analisis semlotik, Metodologi yang dlgunakan dalam penelitlan inl adalah metodologi kualitatif dengan jenis penelitian eksploratlf. Sedangkan metode yang dipilih adalah interpretatif dengan menggunakan pendekatan semiotik. Teknik pengumpulan data didapat dan mengkopi langsung dan kedua versi iklan Toiak Angln cair yang ditayangkan dj tetevisi. Video tersebut barisi iklan-lklan Tolak Angin cair yang dibintangi oteh Wynne, Sophie dan Rhenald. Sedangkan teknik analisa data digunakan pertanyaanpertanyaan dalsm paradigma dan sintagma pads level realitas dan level representas! yang dspst membantu menjawab rumusan permasalahan. Subyek penelitian dalam peneUtian inj tak lain adalah iklan tetevist Tolak Angin cair versi 'Bursa' Rhenald KasaH dan 'Wynne Prakusya'. Untuk dspst rnenjawab rumusan permasalahan, maka unit analisis yang dlgunakan adalah berupa paradigma dan sintagma pada level realitas dan level reprasentasi. Dan seluruh uraian, penelili rnenyimpulkan bahwa makna simbOlsimbol pads iklan Tolak Angln cair balk verst 'Bursa' maupun 'Wynne Prakusya' dj televlsl rnencoba menuturkan bahwa jamu sekarang adalah produk yang modem, bernjl k1inls dan bukan hanya 'milik' masyarakat bawah saja. Tolak Angin cair berupaya untuk rnenggandeng pangsa pasar menengah alas serta etnis TlOIlQhoa melalui tampilan slmboi-simbOl dalsm iklannya yang rnenggunakan konteks 'modem', almana diharapkan bisa rnengangkat image jamu dan yang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS K 25-04 Pus m (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: MAKNA SIMBOL-SIMBOL PADA IKLAN TELEVISI TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL Analisis semiotik mengenai makna simbol-simbol pada iklan televisi Tolak Angin Sido Muncul versi 'Bursa' dan 'Wynne Prakusya'
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Agatha Hoyi Puspitaningrum, 079815733UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorS. S. Andarini, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2017 23:06
Last Modified: 11 Jun 2017 19:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50512
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item