JENIS-JENIS IKLAN YANG DlTAYANGKAN PADA JAM TAYANG UTAMA (PRIME TIME) (Studi Analisis Isi tentang Jenis-jenis Iklan yang Ditayangkan pada Jam Tayang Utama (Prime Time) di RCTI, SCTV, dan INDOSIAR Periode 13 April - 10 Mei 1998)

YULIANI, 079414505 (1999) JENIS-JENIS IKLAN YANG DlTAYANGKAN PADA JAM TAYANG UTAMA (PRIME TIME) (Studi Analisis Isi tentang Jenis-jenis Iklan yang Ditayangkan pada Jam Tayang Utama (Prime Time) di RCTI, SCTV, dan INDOSIAR Periode 13 April - 10 Mei 1998). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 34-99 YUL J.pdf

Download (755kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam kehidupan masyarakat dewasa ini, iklan sudah merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Periklanan merupakan suatu usaha manusia untuk memberikan informasi tentang suatu produk kepada masyarakat lain. Peranan iklan dalam dunia usaha / perdagangan sangat besar bahkan mutlak diperlukan. Peranan iklan yaitu untuk memperkenalkan hasil produk dari suatu perusahaan kepada masyarakat. Dan bagi masyarakat, iklan dapat memberikan, informasi mengenai produk yang dibutuhkan.Sehingga iklan tidak hanya dibutuhkan oleh produsen tetapijuga konsumen. Dan penelitian ini bermula dari pengamatan penulis yang melihat semakin banyak dan beragamnya iklan yang muncul di televisi dewasa ini. Apalagi dengan semakin banyaknya televisi yang ada di Indonesia saat ini, menjadikan industri periklanan semakin bergairah. Melalui ,televisi orang dapat lebih mengenal berbagai macam produk, apalagi jika iklannya dikemas dengan menarik dan kreatif Pada dasarnya, tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis isi jenis-jenis iklan di RCT!, SCTV dan lndosiar yang ditayangkan pada jam tayang utama / prime time seJama periode 13 April -10 Mei 1998 berdasarkan frekuensi dan volume. Dengan menggunakan teknik penelitian an~lisis isi (content analysis), penulis berusaha menampilkan data dari populasi yang telah ditentukan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang hanya memaparkan keadaan yang terdapat dalam populasi dan tidak menguji hipotesa. Subyek penelitian adalah stasi un televisi swasta RCTI, SCTV, dan INDOSIAR, sedangkan obyek penelitian adalah jenis-jenis iklan di ketiga stasi un televisi tersebut. Unit analisis yang digunakan adalah unit fisik. Populasi penelitian adalah seluruh iklan yang ditayangkan pada jam tayang utamalprime time, dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Data dikumpulkan melalui pencatatan jenis-jenis iklan yang ditayangkan, wawancara dengan humas ketiga stasiun televisi swasta tersebut, dan studi kepustakaan.Untuk menganalisa data, digunakan rumus chi square untuk pengujian secara statistik. Dari basil yang ada dilakukan pen!"JUjian statistik dengan chi square, dan diperoleh hasil bahwa ada perbedaan yang nyata tentang jenis-jenis iklan ditinjau dari volume dan frekuensi penayangan iklan yang ditayangkan pada jam tayang utama di RCTI, SCTV dan Indosiar selama periode 13 April-10 Mei 1998.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 34/99 Yul j
Uncontrolled Keywords: ADVERTISEMENT, TELEVISION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
YULIANI, 079414505UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSON HAJI, Ir., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Jan 2017 20:49
Last Modified: 09 Jun 2017 18:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item