KAJIAN JENDER CITRA WANITA DALAM IKLAN MAJALAH GADlS PERIODE DESEMBER 1999-FEBRUARI 2000

Fong Valentine Vivian Florencia, 079314068 (2000) KAJIAN JENDER CITRA WANITA DALAM IKLAN MAJALAH GADlS PERIODE DESEMBER 1999-FEBRUARI 2000. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 31-00. flo k.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Iklan yang merupakan bagian dari majalah, sebenarnya adalah salah satu alat yang digunakan produsen dalam memasarkan produknya. Untuk membuat iklan, pihak pembuat tidak membuat iklan secara asal jadi, tetapi mereka mempunyai beberapa tujuan dalam mendesain setiap iklan. Tujuan-tujuan itu adalah menarik perhatian ke iklan, membangkitkan minat untuk membaca atau mendengar iklan, merangsang hasrat ingin mengetahui isi iklan, menciptakan keyakinan tentang keunggulan barang atau jasa dan melahirkan tindakan untuk membeli dan memakai barang atau jasa. Thamrin Amal Tamagola telah melakukan penelitian pada isi iklan majalah Kartini, Femina, Sarinah dan Pertiwi dengan judul "Citra Wanita dalam Iklan dalam Majalah Wanita Indonesia" yang dimuat dalam buku Wanita dan Media. Hasil penelitian Tamagola menunjukkan bahwa sebagian besar dari bentuk dan isi iklan-iklan yang dimuat dalam majalah wanita Indonesia kontemporer ini lebih cenderung untuk 'mendorong' wanita-wanita kelas menengah dan atas kembali kepada kerangkeng domestik mereka daripada mensejajarkan para wanita itu dengan pria Indonesia. Dalam hasil penelitian ini Tamagola ini menggunakan lima kategori citra wanita, yaitu citra pigura, citra pilar, citra peraduan, citra pinggan dan citra pergaulan. Berdasarkan penelitian Tamrin Amal Tamagola, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian pada majalah Gadis yang merupakan majalah remaja putri untuk melihat bagaimana penggambaran citra wanita pada iklan di majalah Gadis. Karena selain menguntungkan produsen dan memberi informasi tentang produk, iklan di majalah Gadis dapat mempengaruhi gaya hidup dan persepsi pembaca tentang citra wanita yang ditampilkan oleh iklan majalah Gadis ini. Populasi penelitian ini adalah majalah Gadis yang terbit setiap sepuluh hari sekali, periode Desember 1999 sampai Februari 2000. Pemilihan populasi ini atas pertimbangan asas aktualitas, dimana terbitan akhir 1999-Februari 2000 adalah terbitan yang terbaru, sesuai waktu diadakannya penelitian. T eknik pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis iklan-iklan yang dimuat pada majalah Gadis secara kualitatif menurut kategorisasi citra wanita sesuai kategori citra wanita, yaitu citra pigura, citra pilar, citra peraduan, citra pinggan dan citra pergaulan.. Analisis data bersifat deskriptif Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan di majalah Gadis bercitra pigura, citra peraduan dan citra pergaulan. Dalam iklan majalah Gadis tidak ditemukan iklan yang bercitra pinggan dan yang bercitra pilar. lni artinya majalah Gadis sebagai pemll;at iklan memandang bahwa para remaja putri pembaca majalah Gadis belum mengacu pada persiapan untuk berumah tangga, sehingga lebih menginformasikan gaya hidup yang berpenampilan modis, sehat sehingga mereka tidak kuper dalam pergaulan, berprestasi, cantik dan sehat terawat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS k 31-00 Flo k
Uncontrolled Keywords: WOMEN AND ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Fong Valentine Vivian Florencia, 079314068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSiti Pudji Rahayu, Dra. MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Jan 2017 00:06
Last Modified: 26 Jan 2017 00:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51881
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item