ANALISIS IKLAN PADA ACARA ANAK DI SCTV (STUDI DESKRIPTlF IKLAN-IKLAN YANG DITAYANGKAN PADA ACARA ANAK DI SCTV PERIODE JULI 1996)

Mahayana Wisnu Wardhana, 079113202 (1997) ANALISIS IKLAN PADA ACARA ANAK DI SCTV (STUDI DESKRIPTlF IKLAN-IKLAN YANG DITAYANGKAN PADA ACARA ANAK DI SCTV PERIODE JULI 1996). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis K.5-99.War a.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini menjadikan jarak dan waktu bukan lagi menjadi penghambat. Kemajuan pada bidang inl semakin menumbuhkan kesadaran orang terhadap kebutuhan akan informasi dan hiburan. Televisi sebagai media audio visual sangat efektif sebagai penyalur informasi dan hiburan. Selain sebagai sarana informasi, khalayak juga sangat membutuhkan adanya suatu hiburan yang menarik untuk dilihat. Hiburan-hiburan itu diantaranya disajikan me!alui program tayangan sinctron, musik, bailkan film. Dengan banyaknya saluran-saluran televisi dalam menayangkan program-programnya, maka khalayak tentunya sangat selektif untuk memilih acara sesuai dengan yang diingininya. Selain itu televisi mulai mengklasifikasikan program acaranya berdasarkan usia, yaitu usia dewasa, rf'maja, anak-anak, atau bahkan semua umur. Disamping itu televisi sebagai sarana alternatif yang cukup efektif dalam menyajikan informasi dan hiburan bagi khalayaknya. Melihat betapa besarnya pengaruh dati siaran televisi teradap khalayak, membuat banyak produsen untuk memanfaatkan media elektronik ini dalam menjaring konsumen atau pasar. Mereka memanfaatkan peluang tersebut untuk berpromosi melalui iklan yang ditayangkan pada televisi swasta . . PermasaJahan dalam penelitian inl arlalah ingin mengetahui jenis produk yang banyaik diiklankan pada acara anak di SCTV, juga untuk mengetahui teknik visual yang dipakai pada iklan acara anak tersebut. Penelitian ini menggunakan metode anal Isis lsi. Populasi penelitian adalah iklan yang ditayangkan pada acara anak di SCTV selama bulan Juli 1996. Sampel penelitiannya adalah total sampel. Unit analisis dalam penelitian ini adalah teknik visual iklan berdasarkan jenis produk. Landasan teori yang dipakai adalah Komunikasi Massa, Media massa, Iklan anak, dan Iklan berdasarkan teknik visual. Hasil dati penelitian ini adalah jenis produk yang paling banyak ditayangkan selama bulan Jull 1996 adalah Beverage sebanyak 1 8 nama iklan. Sedangkan jenis produk lainnya yang muncul, yaitu Foods sebanyak 12 nama iklan, dan Candies sebanyak 9 nama iklan. Untuk teknik visual yang dipakai berdasarkan jenis produk diatas, paling banyak menggunakan teknik visual Combination, yaitu penggabungan dari teknik-teknik visual yang ada. Yaitu penggabungan antara teknik visual Animasi dan Story Line, Animas; dan Close-ups, Close-lips dan Vignettes and Situations.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 5-99 War a
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Mahayana Wisnu Wardhana, 079113202UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDYan Yan Cahyana, Drs. MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 30 Jan 2017 17:45
Last Modified: 30 Jan 2017 17:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52102
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item