HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN AFEKSI IBU DENGAN STRES PENGASUHAN PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME

FAIRUZATUL HAKIMAH ALAMSYAH, 111211132017 (2016) HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN AFEKSI IBU DENGAN STRES PENGASUHAN PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Psi.132-16 Ala h Abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
53032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anak dengan gangguan spektrum autisme mengalami gangguan pada aspek komunikasi sosial dan interaksi sosial. Gangguan pada aspek tersebut menyebabkan anak tidak bisa mengembangkan kelekatan dengan figur lekatnya, yaitu ibu. Lebih jauh lagi, kurang atau tidak terjalinnya kelekatan menyebabkan interaksi antara ibu dan anak mengalami hambatan. Pada akhirnya ibu tidak merasakan adanya kelekatan afeksi ibu. Rendahnya kelekatan afeksi ibu berhubungan dengan peningkatan stres pengasuhan (Goodman, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kelekatan afeksi ibu dengan stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak dengan gangguan spektrum autisme. Kelekatan afeksi ibu didefinisikan sebagai hubungan afeksi unik yang terjadi antara ibu dengan anaknya yang bermula dengan interaksi yang intens diantara keduanya, berdasarkan persepsi atau perasaan ibu tehadap anaknya. Stres pengasuhan merupakan beban psikologis, emosional, dan fisik yang dialami oleh individu sebagai akibat dari perannya menjadi orangtua dan hasil interaksi dengan anaknya. Penelitian ini dilakukan pada ibu yang memiliki anak dengan gangguan spektrum autisme. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 34 orang dengan usia 24-42 tahun. Peneliti menggunakan alat ukur yang Maternal Attachment Inventory (MAI) yang dikembangkan oleh Muller (1994) untuk mengukur maternal affectionate attachment, yang terdiri dari 26 aitem. Untuk mengukur stres pengasuhan, peneliti menggunakan Parenting Stress Index-Short Form (PSI-SF) yang dikembangkan oleh Abidin (1995) dan terdiri dari 36 aitem. Skala MAI menunjukkan nilai reliabilitas sebesar 0,897 dan PSI-SF sebesar 0,906. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi product moment dari Pearson, dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian diperoleh nilai p sebesar 0,554 dengan nilai korelasi antar variabel sebesar -0,105 dengan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tidak berhubungan dan tidak signifikan. Kata kunci: Kelekatan afeksi ibu, stres pengasuhan, ibu yang memiliki anak dengan gangguan spektrum autisme, gangguan spektrum autisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.132-16 Ala h
Uncontrolled Keywords: Kelekatan afeksi ibu, stres pengasuhan, ibu yang memiliki anak dengan gangguan spektrum autisme, gangguan spektrum autisme.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
FAIRUZATUL HAKIMAH ALAMSYAH, 111211132017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Hartini, Dr., M.Kes., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Feb 2017 19:51
Last Modified: 21 Jun 2017 17:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53032
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item