PENGARUH KEPUASAN ATAS ESOP (ESOP SATISFACTION) TERHADAP JOB INVOLVEMENT PADA KARYAWAN PT. PEMBANGUNAN PERUMAHAN DIVISI OPERASIONAL III SURABAYA

ANDY PRANATA, 040317954 (2011) PENGARUH KEPUASAN ATAS ESOP (ESOP SATISFACTION) TERHADAP JOB INVOLVEMENT PADA KARYAWAN PT. PEMBANGUNAN PERUMAHAN DIVISI OPERASIONAL III SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
COVER - gdlhub-gdl-s1-2011-pranataand-12335-andypra-).pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-pranataand-12335-andypra-).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang (finansial), barang maupun yang tidak langsung (nonfinansial) yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan. Pemenuhan terhadap gaji atau upah dan imbalan merupakan paket kompensasi paling minimal yang harus dipenuhi perusahaan kepada karyawannya. Salah satu paket kompensasi yang saat ini mulai banyak diberikan perusahaan adalah ESOP (Employee Stock Ownership Plan). ESOP didasarkan pada agency theory yang bertujuan agar tercipta sinergi antara keinginan pemilik perusahaan dengan perangkat pelaksananya. ESOP dapat membuat karyawan lebih berkomitmen dan termotivasi untuk bekerja di perusahaan apabila karyawan merasa puas dengan ESOP tersebut. Kepuasan terhadap ESOP yang diukur melalui nilai finansial dari ESOP dan komitmen perusahaan atas ESOP diharapkan dapat memberikan rasa puas atas pekerjaan saat ini. Kepuasan yang dirasakan karyawan terhadap pekerjaan memungkinkan karyawan tersebut untuk dapat memihak secara psikologis pada pekerjaannya, berpartisipasi aktif di dalamnya, dan menganggap kerjanya sebagai hal yang penting untuk harga dirinya atau yang sering disebut dengan keterlibatan kerja (job involvement). Karyawan yang puas terhadap ESOP yang dimilikinya diharapkan meningkat keterlibatannya dalam pekerjaan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini dijabarkan dalam tiga variabel yaitu variabel bebas kepuasan atas ESOP yang terdiri dari nilai finansial dari ESOP (X1) dan komitmen perusahaan atas ESOP (X2), serta variabel terikat keterlibatan kerja (Y). Berdasarkan landasan teori yang digunakan dan rumusan masalah yang diajukan terdapat dua hipotesis yang akan diuji. Penelitian dilakukan dengan sample karyawan PT. Pembangunan Perumahan Divisi Operasional III Surabaya yang berkedudukan di Juanda Business Center jalan Raya Juanda Surabaya yang memiliki saham perusahaan dengan jumlah 33 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan hasil: Berdasarkan hasil analisis dihasilkan kesimpulan bahwa : (1) Kepuasan atas ESOP yang terdiri dari nilai finansial dari ESOP dan komitmen perusahaan atas ESOP secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan kerja (Job involvement), (2) Nilai finansial dari ESOP merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keterlibatan kerja (job involvement).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 170/10 Pra p
Uncontrolled Keywords: CORPORATE CULTURE; JOB SATISFACTION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG179 Personal finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ANDY PRANATA, 040317954UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSITI SULASMI, Dr. Hj., Psi, MscUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 16 Feb 2011 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 01:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item