ANALISIS KESESUAIAN HARAPAN DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PERUMAHAN PT "X" SIDOARJO

WAHYU PRIYAMBODO, 049213911 (1998) ANALISIS KESESUAIAN HARAPAN DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PERUMAHAN PT "X" SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK B 1188.98 Pri A(1998).pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di Indonesia dewasa ini, pembangunan perumahan dan pemukiman merupakan masalah pokok yang dihadapi oleh pemerintah. Mengingat kemampuan pemerintah dalam pengadaan rumah melalui Perum Perumnas masih terbatas, maka pemerintah berusaha meningkatkan peran swasta dalam pengadaan rumah dengan memberikan fasilitas-fasilitas pendukung yang diperlukan. Dengan besarnya peluang yang diberikan kepada pengembang swasta dan tingginya permintaan masyarakat akan kebutuhan perumahan, mengakibatkan persaingan yang makin tajam diantara para pengembang swasta yang saling menarik minat konsumen terhadap berbagai jenis produk rumah yang ditawarkan. Sebagai pengembang swasta di Surabaya, PT. "X" memulai pembangunan perumahannya di kawasan Sidoarjo yang ditujukan untuk segmen masyarakat menengah ke atas. Dalam memasarkan perumahannya, PT. "X" perIu untuk mengetahui harapan konsumen dalam membeli rumah, faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian rumah, yang selanjutnya diharapkan perusahaan mampu mengambil keputusan pemasaran secara tepat. Maka dari itu penulis melakukan penelitian ini yang dimaksudkan untuk mengetahui ada-tidaknya perbedaan antara harapan dan persepsi konsumen terhadap perumahan PT. "X". Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner (pertanyaan) mengenai harapan dan persepsi konsumen terhadap atribut perumahan PT. "X", dimana kuisioner tersehut diberikan kepada konsumen yang sudah membeli dan menempati rumah di perumahan PT. "X". Metode pengambilan sampelnya adalah Proportional Stratified Randolll Sampling, dimana responden yang dijadikan bahan penelitian dikelompokkan berdasarkan tipe rumah yang ditempatinya. Dari jawaban responden tentang harapan konsumen dan persepsi konsumen untuk tiap-tiap atribut perumahan PT. "X", kemudian dibandingkan dengan menggunakan Tes Ranking Bertanda Wilcoxon untuk data berpasangan melalui program SPSS (Statistical Program for Social Science). Setelah dilakukan pengujian hipotesis, maka dapat diambil kesimpulan bahwa secara umum hipotesis diterima karena persepsi konsulnen terhadap perumahan PT. "X" sudah sesuai dengan harapan konsumen. Bahkan ada satu kelompok konsumen yang merasa sangat puas atas semua atribut perumahan yang ditawarkan perusahaan. Selain itu ada juga kelompok konsumen yang merasa tidak puas terhadap brosur yang diberikan oleh perusahaan, karena konsumen merasa bahwa brosur yang diberikan kurang lengkap dalam menginformasikan spesifikasi lingkungan. Tetapi dari total atribut promosi untuk kelompok konsumen tersebut sudah sesuai dengan harapannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK B 1188.98 Pri A FILE FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Harapan, Persepsi, Konsumen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
WAHYU PRIYAMBODO, 049213911UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorZAINIMAR NARO, Dra.,Ec.,Hj.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 30 May 2017 17:29
Last Modified: 30 May 2017 17:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56738
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item