ANALISIS ADOPSI PENGGUNA MEDIA CLOUD STORAGE OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 3 (TAM3)

IMAM WICAKSONO, 081116064 (2016) ANALISIS ADOPSI PENGGUNA MEDIA CLOUD STORAGE OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 3 (TAM3). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI 40-16 Wic a ABSTRAK.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 40-16 Wic a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cloud storage merupakan layanan penyimpanan file pada internet. Universitas Airlangga menyediakan layanan cloud storage yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai media penyimpanan tambahan. Pada penelitian sebelumnya meyakinkan bahwa perlu adanya pengukuran mengenai adopsi serta penggunaan layanan teknologi cloud yang hasilnya dapat dijadikan sebagai saran atau masukan kepada institusi. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan analisis adopsi pengguna media cloud storage oleh mahasiswa Universitas Airlangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel dari Technology Acceptance Model 3 (TAM3) yang berpengaruh terhadap adopsi pengguna oleh mahasiswa dalam penggunaan cloud storage. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dimana target responden mahasiswa Universitas Airlangga yang menggunakan media cloud storage. Data yang diperoleh berjumlah 237 responden. Kuesioner yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan Partial Least Square (PLS) yang meliputi evaluasi model pengukuran, evaluasi model struktural, dan uji goodness of fit (GoF). PLS lebih cocok digunakan pada penelitian ini karena TAM3 memiliki tingkat kompleks model dengan jumlah variabel konstruksi dan alur yang besar. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Subjective Norm yang dimoderasi oleh Voluntariness berpengaruh secara signifikan terhadap Behavioral Intention. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Perceived Usefulness adalah Subjective Norm, Perceived Ease of Use, Job Relevance, dan Output Quality sebagai variabel moderasi Job Relevance. Kemudian faktor yang berpengaruh terhadap Perceived Ease of Use adalah Self- Efficacy, Anxiety, Playfulness, dan Perceived Enjoyment. Rekomendasi yang diajukan untuk meningkatkan penggunaan cloud storage adalah dengan melakukan sosialisasi kepada mahasiswa tentang manfaat, kegunaan, serta kemudahaan dalam penggunaan cloud storage yang dapat mendukung mahasiswa terutama di bidang akademik. Selain itu juga, memberikan informasi secara jelas mengenai cloud storage yang telah disediakan oleh universitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 40/16 Wic a
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.S88 System analysis and System design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
IMAM WICAKSONO, 081116064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Herawatie, Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 28 Apr 2017 01:49
Last Modified: 28 Apr 2017 01:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56971
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item