ALUR REKAPITULASI TAGIHAN VENDOR KESEHATAN UNTUK PEGAWAI DAN PENSIUNAN PT PLN (PERSERO) DITRIBUSI JAWA TIMUR

EKA DEWI AYU LESTARI, 041310513010 (2016) ALUR REKAPITULASI TAGIHAN VENDOR KESEHATAN UNTUK PEGAWAI DAN PENSIUNAN PT PLN (PERSERO) DITRIBUSI JAWA TIMUR. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV. MPK. 30-16 Les a abstrak.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (cover + bab 1)
FV. MPK. 30-16 Les a cover - bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 2)
FV. MPK. 30-16 Les a bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB III - LAMPIRAN)
57033 BAB III - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

3.1 Simpulan Dari hasil Praktik Kerja Lapangan yang telah penulis lakukan selama tiga bulan di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Devisi Administrasi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Seksi Kesejahteraan Pegawai maka simpulan yang dapat dibuat adalah: 1. Seksi Kesejahteraan Pegawai merupakan bagaian dari Divisi Administrasi Sumber Daya Manusia dan Organisasi yang memiliki tugas memonitor, memeriksa, mengkoordinasi pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen tagihan vendor kesehatan pegawai dan pensiunan serta menyelesaikan tagihan rekapitulasi vendor kesehatan dari Kantor Area Pelayanan seJawa Timur yang kemudian diproses oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jawa timur. 2. Berkas atau dokumen tagihan vendor pelayanan kesehatan ini dapat berupa tagihan dari rumah sakit, apotek, laboratorium, dan dokter yang semua vendor kesehatan tersebut sudah dilanggan oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur. 3. Alur Rekapitulasi Tagihan Vendor ini melalui tahap yang panjang yaitu a. Klaim atau tagihan dari vendor kesehatan yang telah dilanggan oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur diverifikasi oleh pihak Admedika untuk di periksa kebenarannya dan akan dikirimkan berkas tagihannya ke PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur. b. Berkas tagihan akan dikirimkan ke PT PLN Distribusi Jawa Timur, dan diterima oleh Bidang KHA. c. Kesejahteraan pegawai bertanggung jawab mengelola berkas tagihan dan rekapitulasi tagihan vendor pelayanan kesehatan yang diproses menggunakan Aplikasi SAP (System Application and Products in Data Processing). d. Rekaputulasi tagihan vendor kesehatan itulah yang akan dikirimkan ke Devisi Keuangan untuk kemudian dibayarkan. 4. Sebagai Kantor Distribusi maka PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur yang memproses semua berkas tagihan vendor kesehatan dari beberapa Kantor PLN Area Pelayanan Seluruh Jawa Timur maka diharuskan dapat menangani berkas tagihan dan memproses rekapitulasi vendor pelayanan kesehatan dengan cepat dan akurat. Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala mengenai alur pekerjaan yang rumit karena melibatkan beberapa bidang yakni KHA, SDM, Keuangan serta PT Admedika. Sehingga pembayaran sering kali terlambat. 3.2 Saran Berdasarkan hasil pelaksanaan praktik kerja lapangan selama tiga bulan di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur maka penulis memberikan saran kepada seluruh pihak yang terkait, dengan harapan mampu memberikan perubahan lebih baik kedepannya yaitu: 1. Bagi Seksi Kesejahteraan Pegawai PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Kemajuan di bidang teknologi sangat pesat demikian juga kebutuhan aplikasi yang terus meningkat dan bertambah baik dalam segi kualitas mutu maupun pada segi kuantitas dalam arti aplikasi tersebut dapat mengolah data. Dari permasalahan alur rekapitulasi tagihan vendor kesehatan tersebut maka sebaiknya perlunya tindakan pengembangan agar permasalahan dapat teratasi dengan baik, dengan cara: a. Sebaiknya Perlu aplikasi berbasis web yang mampu menyederhanakan proses kerja dan mengatasi kekurangan pada aplikasi SAP (System Application and Products in Data Processing). Sehingga Alur Proses Tagihan Vendor Kesehatan SDM berjalan dengan sempurna dan juga cepat. Selain itu disarankan untuk memperhatikan kekurangan dan kelemahan sistem agar dapat segera dicari pemecahan masalah tentang alur yang panjang yang melibatkan banyak bidang serta masalah monitoring tagihan yang masih kurang baik agar segera dapat diperbaiki. Aplikasi baru berbasis web ini bermaksud untuk dapat mengelola data tagihan vendor kesehatan oleh semua bagian dengan hanya satu aplikasi berbasis web ini saja, yaitu dengan memperhatikan kebutuhan: 1. SDM dapat mengimport data tagihan vendor pelayanan kesehatan dari Admedika, tanpa harus mengambilnya melalui web admedika ftp:/ftp.admedika.co.id/. Jadi semua proses rekapitulasi mulai pengambilan data dari admedika hingga pembayaran tagihan oleh keuangan dilakukan dalam satu aplikasi bebasis web. 2. SDM dapat melakukan rekapitulasi dan upload data tagihan vendor pelayanan kesehatan dan data akan disimpan di database upload. 3. Keuangan dapat melakukan approval berdasarkan Data Tagihan Vendor Pelayanan Kesehatan yang telah di upload. 4. Data yang telah di approval kemudian menjadi Laporan monitoring rekapitulasi tagihan dan disimpan di Database Laporan. b. Sebaiknya dilakukan sosialisasi penggunaan aplikasi berbasis web yang baru kepada SDM yang menangani rekapitulasi tagihan vendor kesehatan. Sebab dibutuhkannya SDM yang terlatih pula untuk penggunaanya, agar alur tagihan menjadi cepat dan tidak adanya keterlambatan pembayaran tagihan. c. Sebaiknya melakukan evaluasi sistem aplikasi berbasis web secara berkala agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan agar lebih efisien dan efektif. 2. Bagi Program Studi DIII Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran a. Untuk kedepannya mampu lebih banyak lagi memberikan kurikulum yang menyesuaikan kebutuhan dunia kerja dan memberikan pembekalan sejak akhir semester lima mengenai gambaran pelaksanaan praktik kerja lapangan di perusahaan, dan teknologi bidang perkantoran di setiap perusahaan sudah sangat canggih, program studi diharapkan melakukan update mata kuliah sesuai perkembangan zaman, serta memberikan pelatihan maupun sertifikasi bidang perkantoran kepada mahasiswa teknologi yang lebih maju demi mengikuti era globalisasi yang semakin canggih. b. Memberikan pelatihan skill kepada mahasiswanya baik skill berbahasa asing maupun speed typing yang mana sangat dibutuhkan ketika praktik kerja lapangan yang sebagaian besar membuat laporan rekapitulasi yang tentunya akan sangat berguna agar lebih cepat kinerja mahasiswa dalam bekerja

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV. MPK. 30-16 Les a
Uncontrolled Keywords: REKAPITULASI TAGIHAN VENDOR KESEHATAN, PEGAWAI DAN PENSIUNAN, PT PLN (PERSERO) DITRIBUSI JAWA TIMUR
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran
Creators:
CreatorsNIM
EKA DEWI AYU LESTARI, 041310513010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSedianingsih, Dr., SE, M.Si., Ak, CMA .,CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 May 2017 23:51
Last Modified: 05 Jul 2017 17:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57033
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item