PENGARUH TANGGAPAN KONSUMEN ATAS IKLAN PASTA GIGI PEPSODENT PENCEGAH GIGI BERLUBANG DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELl KONSUMEN DI SURABAYA

ZULAIHAH, 049936667 (2003) PENGARUH TANGGAPAN KONSUMEN ATAS IKLAN PASTA GIGI PEPSODENT PENCEGAH GIGI BERLUBANG DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELl KONSUMEN DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk B 73.84 zul p.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemikiran yang berorientasi pasar merupakan kebutuhan yang tidak dapat dielakkan lagi pada saat ini. Bagi sebagian besar perusahaan, iklan menjadi suatu pilihan yang menarik, disamping sebagai sumber informasi, iklan juga dipandang sebagai media komunikasi yang efektif terutama jika ditayangkan di televisi. Salah satu fungsi iklan yang terpenting adalah mempengaruhi rninat beli konsurnen. PT. Unilever Indonesia sebagai salah satu produsen consumer goods terbesar di Indonesia kiranya perlu untuk mengetahui sejauh mana tanggapan konsumen pada tayangan periklanannya khususnya tayangan periklanan pasta gigi Pepsodent pencegah gigi berlubang di televisi, dan apakah tanggapan tersebut dapat mern pengaruhi minat beli konsumen terutama di daerah Surabaya. Tanggapan konsumen terhadap iklan pasta gigi pepsodent pencegah gigi berlubang dalam penelitian ini diartikan sebagai penilaian konsumen terhadap pesan iklan, tokoh iklan, dan cerita iklan di televisi yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen di Surabaya. Untuk keperluan ini kepada 100 orang respollden yang pemah melihat tayangan iklan pasta gigi Pepsodent pencegah gigi berlubang di telivisi ditanyakan tanggapannya terhadap iklan tersebut dan seberapa besar minat beli mereka. Minat beli ini diukur dari seberapa besar ketertarikan responden terhadap pasta gigi Pepsodent pencegah gif:,~ berlubang. Pengukuran variabel penelitian menggunakan skala ordinal 1 -5 yang telah dikuantifikasikan untuk kepentingan perhitungan dengan teknik reresi linear berganda. Jawaban yang terkurnpul kemudian dianalisis, sehingga diperoleh persamaan regresi linier berganda sebesar Y= -0,242 + 0,179 X1+ 0,171X2 + 0,nOX3 + e, dari hasil tersebut dapat diketahui besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung. Selain itu juga dapat diketahui arah hubungan antara variabel bebas dan variabel tergantung. Makin tinggi skor jawaban yang diberikan berarti semakin baik tanggapan konsumen dan semakin besar minat beli konsumen. HasH perhitungan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara tanggapan konsumen terhadap iklan pasta gigi Pepsodent pencegah gigi berlubang di Surabaya. Hasil analisis regresi memmjukkan bahwa pengaruh variabel bebas, dalam hal illi adalah tanggapan konsumen terhadap cerita iklan adalah sebesar 0,571, pesan iklan adalah sebesar 0,185, tokoh iklan adalah sebesar 0,180, diantara ketiga variabel bebas yang paling berpengaruh terhadap minat belPkonsurnen adalah tanggapan konsumen terhadap cerita iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ZULAIHAH, 049936667UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTANTI HANDRIANA, Dr., SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Jul 2017 01:35
Last Modified: 12 Jul 2017 01:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58674
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item