PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA ATAS SELISIH UPAH DALAM PENANGGUHAN PELAKSANAAN UPAH MINIMUM

MUHAMMAD WILDAN, 031311133211 (2017) PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA ATAS SELISIH UPAH DALAM PENANGGUHAN PELAKSANAAN UPAH MINIMUM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FH. 64-17 Wil p abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FH. 64-17 Wil p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai kriteria perusahaan yang tidak mampu untuk dapat menangguhkan pelaksanaan upah minimum serta perlindungan hukum pekerja/buruh terhadap penangguhan pelaksanaan upah minimum. Skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria perusahaan yang tidak mampu untuk dapat menangguhkan pelaksanaan upah minimum adalah suatu perusahaan yang dalam 2 (dua) tahun terakhir dilihat dari laporan keuangannya mengalami penurunan dan selama 2 (dua) tahun usaha suatu perusahaan tersebut mengalami penurunan, tetapi itu semua harus dibuktikan dengan hasil audit keuangan perusahaan. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perlindungan hukum pekerja/buruh terhadap penangguhan pelaksanaan upah minimum ada 2 (dua) yaitu perlindungan hukum preventif adalah dengan adanya mekanisme pengawasan dari instansi atau pejabat bidang ketenagakerjaan terhadap pembayaran selisih upah pekerja setalah masa penangguhan pelaksanaan upah minimum berakhir dan perlindungan hukum represif adalah dengan adanya mekanisme pengajuan upaya hukum bagi pekerja terhadap hak atas selisih upah pada saat penangguhan pelaksanaan upah minimum yang tidak dibayarkan setelah masa penangguhan pelaksanaan upah minimum itu berakhir. Kata Kunci : Penangguhan Pelaksanaan Upah Minimum, Ketenagakerjaan, Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 64-17 Wil p
Uncontrolled Keywords: Penangguhan Pelaksanaan Upah Minimum, Ketenagakerjaan, Perusahaan.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1700-1973 Social legislation > K1701-1841 Labor law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUHAMMAD WILDAN, 031311133211UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. Hadi Shubhan, Dr., S.H., C.N., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Jul 2017 17:22
Last Modified: 16 Jul 2017 17:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58884
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item