CRITICAL SUCCESS FACTORS SEBAGAI USAHA MENCIPTAKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT BINASEKAWAN JAYARAYA

Fitria Yulianti, 040234716 E (2006) CRITICAL SUCCESS FACTORS SEBAGAI USAHA MENCIPTAKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT BINASEKAWAN JAYARAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-yuliantifi-7545-a26307-k.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-yuliantifi-7545-a26307-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Binasekawan Jayaraya adalah perusahaan yang bergerak dalam usaha perdagangan dalam bentuk restoran. Perusahan dihadapkan pada kondisi dimana semakin banyaknya industri serupa yang mampu menjual produk dengan pelayanan prima untuk mencapai kepuasan pelanggan. Selain itu banyak perusahaan serupa yang menggunakan teknologi yang lebih canggih sehingga mampu menghasilkan produk yang lebih bervariasi. Kondisi tersebut akan mempengaruhi tingkat penjualan dan produksi pada PT Binasekawan Jayaraya. Hal ini terbukti dengan semakin menurunnya pendapatan dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Perusahaan perlu suatu analisa terhadap faktor keberhasilan kritis (Critical Success Factors), sehingga perusahaan memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan (sustainable competitive advantage) serta tercipta suatu eksistensi yang tinggi dalam kelangsungan hidupnya. Dengan adanya analisis critical success factors, diharapkan dapat mengidentifikasikan faktor kritis PT Binasekawan Jayarayaguna mempertahankan eksistensinya dalam dunia bisnis melalui pemenuhan kepuasan pelanggan. Dalam analisa tersebut manajemen mengadakan pengukuran terhadap kebijakan yang dibuat serta kinerja perusahaan, sehingga dapat diidentifikasikan secara jelas faktor-faktor apa saja yang perlu mendapat perhatian lebih dan tidak sehingga nantinya dapat diambil suatu tindak lanjut atas faktor-faktor dalam critical success factors tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk melakukan critical success factors untuk mencapai kepuasan pelanggan pada PT Binasekawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisa penerapan kinerja non keuangan untuk memecahkan permasalahan yang ada di PT Binasekawan Jayaraya. Sedangkan ukuran kinerja non-finansial yang digunakan adalah efisiensi dan berkualitas yang terdiri dari efisiensi persediaan bahan baku, produktivitas, kinerja mesin, plant manufacturing performance, dan customer acceptance. Data yang digunakan merupakan data internal perusahaan 2004-2006. Setelah dianalisis dengan menggunakan analisis Grant, maka didapat bahwa critical success factor adalah kualitas bahan baku dan rasa. Ukuran kinerja efisiensi terdiri dari efisiensi persediaan dan efisiensi penggunaan bahan baku. Efisiensi produktivitas perusahaan telah melakukan efisiensi pada input berupa ayam, ikan, minuman serta lainnya. Produktivitas bahan baku ayam rata-rata sebesar 2,405 kali, sedangkan, bahan baku ikan memiliki produktivitas sebesar 22,456 kali. Sementara itu produktivitas bahan baku minuman dan lain-lain sebesar 4,039 kali dan 28,484 kali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 263/07 Yul c (full text tidak lengkap)
Uncontrolled Keywords: Critical Success Factors, Kepuasan Pelanggan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Fitria Yulianti, 040234716 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHendarjatno, Drs., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 09 Sep 2008 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 13:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6007
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item