TRADISI KULINER RAMADHAN GRESIK (Studi Deskriptif Tentang Tradisi Sanggring atau Kolak Ayam Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner di Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik)

AHMAD DWI PAMBUDI, 071210213019 (2017) TRADISI KULINER RAMADHAN GRESIK (Studi Deskriptif Tentang Tradisi Sanggring atau Kolak Ayam Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner di Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik). Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.06-17 Pam t ABSTRAK.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.06-17 Pam t TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu industri yang banyak bergantung pada sumberdaya dan potensi alam yang ada, disamping sumberdaya manusia yang menjalankannya. Oleh sebab itu pariwisata merupakan satu bidang unggulan yang semakin hari semakin dibutuhkan, dengan tujuan menghilangkan segala penat yang ada dipikiran. Salah satu bentuk wisata dari yang telah ada ialah wisata kuliner. Di Kota Gresik salah satu kawasan wisata kuliner terdapat di Desa Gumeno. Dilihat dari sisi sosial budayanya, masyarakat Desa Gumeno memiliki rasa kebersamaan yang sangat kuat walaupun penduduknya beragam. Sementara itu, mitos yang dipercaya oleh masyarakat adalah sanggring dapat menyembuhkan berbagai penyakit, sedangkan mitos yang tergambar di dalam cerita Sanggring antara lain: citacita Sunan Dalem dan Sunan Giri untuk menyebarkan agama Islam. Tradisi Sanggring terkandung nilai-nilai sosial, ekonomi, budaya, dan nilai religi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tradisi sanggring yang dilaksanakan di Desa Gumeno Kabupaten Gresik dapat menjadi Daya Tarik Wisata Kuliner. Dalam metode ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Batasan konsep yang diambil adalah yang sesuai dengan tema dan tidak menyimpang dari tema yang diambil dalam penelitian ini. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Tipe penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah deskriptif sehingga peneliti dalam menggunakan informan dengan mengambil beberapa pihak secara langsung, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dalam tradisi sanggring sendiri tidak pernah ada perubahan-perubahan dalam pelaksanaannya. Masyarakat Desa Gumeno melestarikan tradisi ini dari asal mula terjadinya hingga sampai sekarang ini selalu diusahakan sama dari proses memasaknya, bahan-bahannya, hingga tempat dilaksanakannnya tradisi ini tidak pernah berubah yaitu di dalam Masjid Jami Sunan Dalem.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.06/17 Pam t
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD DWI PAMBUDI, 071210213019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNUR EMMA SURIANI, S.Sos., Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 24 Aug 2017 22:24
Last Modified: 24 Aug 2017 22:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60924
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item