REFUND TAMU (Studi Deskriptif Tentang Kebijakan Manajemen Hotel Weta Surabaya dalam Mengelola Refund Tamu)

Ayu Rosha Aldini, 071310213055 (2017) REFUND TAMU (Studi Deskriptif Tentang Kebijakan Manajemen Hotel Weta Surabaya dalam Mengelola Refund Tamu). Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.01-17 Ald r ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.01-17 Ald r TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tamu hotel merupakan sumber pendapatan untuk hotel dalam beroperasi, salah satunya Weta International Hotel Surabaya. Tamu yang datang ke Weta International Hotel Surabaya banyak dari kalangan bisnis, itu sebabnya tamu seringkali berpindah – pindah tempat untuk keperluan bisnis sehingga membuat tamu tersebut terburu – buru dalam melakukan sesuatu hingga melupakan prosedur untuk check out sebelum meninggalkan hotel. Hal ini menyebabkan refund yang masih dimiliki tamu tertinggal di hotel, refund yang dimaksud dalam hal ini adalah sejumlah uang yang tersisa dari setoran deposito awal yang diserah tamu pada saat check in. Bagaimana kebijakan manajemen dalam menangani tamu yang pergi tanpa konfirmasi dan bagaimana pengelolaan refund yang tertinggal atau ditinggalkan tamu tersebut. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengambil judul “Kebijakan Manajemen Hotel Weta Surabaya dalam Mengelola Refund Tamu”. Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan apa yang diambil oleh Manajemen dalam mengelola refund tamu di Weta International Hotel Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian yang sifatnya deskriptif, yang artinya pembahasan akan lebih menekankan pada uraian yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh kejelasan sedetail mungkin mengenai masalah yang diambil diatas dan dapat menjabarkan penyelesaian masalah sesuai dengan tujuan penelitian ini secara luas dan mendalam. Metode deskriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan, menggambarkan atau melukiskan fenomena atau hubungan antar fenomena yang diteliti dengan sistematis, faktual dan aktual. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu data – data yang digunakan berhubungan erat dengan katagori karakteristik serta yang berwujud perkataan. Adapun hasil penelitian ini adalah kebijakan manajemen Weta International Hotel Surabaya untuk menangani refund adalah tetap menyimpan refund tersebut dan segera menghubungi dan mengkonfirmasi kepada tamu bahwa masih memiliki refund. Jika refund tersebut tidak diambil oleh tamu, maka manajemen berhak untuk mengelola refund. Pengelolaan refund yang dilakukan manajemen cukup baik, yaitu dengan menambahkan refund tersebut ke dalam program rekreasi dan hiburan agar refund dapat terdistribusi secara merata. Pihak manajemen menginginkan uang refund dibagi sama rata dan adil ke seluruh karayawan Hotel Weta Surabaya.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.01/17 Ald r
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Creators:
CreatorsNIM
Ayu Rosha Aldini, 071310213055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNUR EMMA SURIANI, S.Sos., Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 24 Aug 2017 22:57
Last Modified: 24 Aug 2017 22:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item