PENGARUH BRAND PROMINENCE DAN BRAND FAMILIARITY PADA IKLAN PRODUK MAKANAN DI INSTAGRAM TERHADAP PERSEPSI KUALITAS PRODUK, SIKAP PADA IKLAN, DAN NIAT BELI

JIMMY ALEXANDER, NIM : 041311233187 (2017) PENGARUH BRAND PROMINENCE DAN BRAND FAMILIARITY PADA IKLAN PRODUK MAKANAN DI INSTAGRAM TERHADAP PERSEPSI KUALITAS PRODUK, SIKAP PADA IKLAN, DAN NIAT BELI. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B 125_17 Ale p ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 B 125_17 Ale p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh brand prominence dan brand familiarity terhadap sikap pada iklan dan persepsi atas kualitas produk makanan cepat saji di media sosial Instagram dengan menggunakan uji Two Way ANOVA, lalu dikaitkan dengan niat beli konsumen menggunakan uji regresi berganda. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 (brand prominence) x 2 (brand familiarity) dan menggunakan teknik random assignment pada 160 partisipan. Sebelum dilakukan main test, terdapat cek manipulasi dan pretest pemilihan merek produk makanan cepat saji. Variabel terukur persepsi kualitas produk menggunakan 4 indikator, sikap terhadap iklan menggunakan 7 indikator, dan niat beli menggunakan 5 indikator dengan skala Likert 5 poin. Di dalam penelitian ini ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh brand prominence pada sikap terhadap iklan dan persepsi kualitas produk yang mana baik iklan yang menggunakan prominent maupun subtle brand message tidak memberikan pengaruh yang berbeda. Hal ini berbeda dari beberapa penelitian sebelumnya yang menjelaskan bahwa iklan yang subtle memberikan pengaruh yang lebih positif pada sikap dan iklan yang prominent lebih memberikan persepsi kualitas produk yang tinggi. Sedangkan variabel brand familiarity terbukti memiliki pengaruh yang berbeda terhadap sikap dan persepsi kualitas produk. selanjutnya adalah sikap terhadap iklan dan persepsi kualitas produk memberika pengaruh yang positif terhadap niat beli, sesuai dengan penelitian yang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 125/17 Ale p
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
JIMMY ALEXANDER, NIM : 041311233187UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantSony Kusumasondjaja, S.E., M.Com., Ph.D.,UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 19 Sep 2017 17:09
Last Modified: 19 Sep 2017 17:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61608
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item