ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PUSAT PEMBINAAN KARIR DAN KEWIRAUSAHAAN BURSA KERJA (PPKKBK) UNIVERSITAS AIRLANGGA MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

VINA ROSALIA, 081311633031 (2017) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PUSAT PEMBINAAN KARIR DAN KEWIRAUSAHAAN BURSA KERJA (PPKKBK) UNIVERSITAS AIRLANGGA MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.32.17 . Ros.a - ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.32.17 . Ros.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PPKK Bursa Kerja dibuat oleh PPKK Universitas Airlangga merupakan aplikasi yang memperpadukan data pencari kerja dengan data lowongan dari perusahaan penyedia pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor pada model End User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap kepuasan pengguna aplikasi PPKK Bursa Kerja dan juga memberikan masukan atau rekomendasi dari hasil evaluasi kepada unit bidang teknologi informasi PPKK Universitas Airlangga. Penelitian ini terdiri dari enam tahap, yakni penentuan model dan hipotesis, penyusunan kuesioner dan penentuan indikator, penyebaran dan pengumpulan data kuesioner, penyajian data penelitian, pengolahan data dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) serta analisis hasil. Variabel yang digunakan berdasarkan model EUCS yaitu content, format, accuracy, ease of use dan timelines. Data responden yang digunakan berjumlah 101, yang terdiri dari 70 responden kuesioner offline, dan 31 responden kuesioner online. Setelah data didapat, pengolahan data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa variabel penyajian informasi (format), keakuratan data (accuracy), kemudahan penggunaan (ease of use) dan ketepatan waktu (timelines) berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna PPKK Bursa Kerja. Sedangkan kelengkapan informasi (content) tidak memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna PPKK Bursa Kerja. Rekomendasi demi memperbaiki kualitas aplikasi, dapat dilakukan dengan memberikan perhatian lebih pada kualitas format (tampilan sistem) karena memiliki nilai ratarata yang kurang atau belum sesuai harapan pengguna. Selain itu, pengembang juga harus terus mengembangkan kualitas ketepatan data, memperhatikan kebutuhan pengguna secara tepat waktu dengan data yang terkini (up to date), meningkatkan kemudahan dengan menambahkan fitur bantuan atau helpdesk atau menambahkan versi mobile.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.32/17 Ros a
Uncontrolled Keywords: PPKK Universitas Airlangga, PPKK Bursa Kerja, End User Computing Satisfaction, Kepuasan Pengguna
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
VINA ROSALIA, 081311633031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBadrus Zaman, S.Kom., M.Cs.UNSPECIFIED
ContributorRini Semiati, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:19
Last Modified: 27 Dec 2017 17:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62649
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item