ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN INTERPERSONAL PADA NIAT BELI MELALUI SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DI SURABAYA

MIA MARIA HIDAYAT, 040510485 (2012) ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN INTERPERSONAL PADA NIAT BELI MELALUI SIKAP KONSUMEN TERHADAP PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-hidayatmia-19810-b65-12-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-hidayatmia-23426-b-65-12--k.pdf

Download (348kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengetahuan lingkungan dan pengaruh interpersonal terhadap sikap konsumen pada produk ramah lingkungan dan bagaimana pengaruh sikap konsumen tersebut terhadap niat beli produk ramah lingkungan. Kemudian bagaimana tingkat kebutuhan konsumen atas produk mempengaruhi hubungan antara sikap konsumen dengan niat beli. Hasil dari penelitian ini diperoleh dari data primer yang telah dikumpulkan sebanyak 100 sampel responden di Surabaya. Path analysis telah digunakan untuk menguji hubungan sikap konsumen terhadap produk-produk ramah lingkungan dengan niat beli beserta variabel-variabel anteseden yang mempengaruhi hubungan tersebut. Alat uji kedua yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Regresi linear sederhana digunakan hanya untuk menguji pengaruh tingkat kebutuhan terhadap hubungan sikap konsumen dengan niat beli. Dari hasil output diketahui bahwa pengetahuan lingkungan mempengaruhi sikap konsumen terhadap produk ramah lingkungan dan sikap konsumen ini turut mempengaruhi niat beli. Sedangkan pengaruh interpersonal diketahui tidak memiliki pengaruh terhadap sikap. Kemudian diketahui pula bahwa tingkat kebutuhan atas produk mempengaruhi hubungan sikap dengan niat beli. Dimana saat produk dianggap penting/dibutuhkan akan memperkuat sikap konsumen terhadap niat beli. Sebaliknya saat produk dianggap tidak penting/tidak dibutuhkan akan memperlemah hubungan sikap konsumen terhadap niat beli. Implikasi dari temuan tersebut didiskusikan dalam penelitian ini dan arahan untuk penelitian selanjutnya juga disediakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 65/12 Hid a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR, ENVIRONEMNTAL
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
MIA MARIA HIDAYAT, 040510485UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGancar Candra Premananto, S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Mar 2012 12:00
Last Modified: 20 Jul 2016 01:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6279
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item