PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN DIVISI PEMASARAN PT. MASPION GROUP DI SURABAYA

MARLIN JOHANNES, 040317914 (2011) PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN DIVISI PEMASARAN PT. MASPION GROUP DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA - gdlhub-gdl-s1-2011-johannesma-12740-b28810-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-johannesma-12740-b28810-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam suatu organisasi atau perusahaan kualitas kehidupan kerja juga mempunyai peranan penting dalam membentuk komitmen organisasi. Oleh sebab itu, kualitas hubungan yang tercipta antara karyawan dengan lingkungan kerja dapat mengukur baik atau tidaknya kualitas kehidupan kerja dari perusahaan tersebut. Keberhasilan penciptaan kualitas kehidupan kerja dalam suatu perusahaan merupakan upaya yang tidak mudah, jadi harus diupatakan oleh kedua belah pihak yaitu manajemen dan karyawan. Penelitian ini bertujuan : (a) untuk mengetahui apakah variabel kualitas kehidupan kerja seperti pertumbuhan dan pengembangan, partisipasi, kompensasi, pengawasan, dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh bersama – sama yang signifikan terhadap komitmen organisasi karyawan divisi pemasaran PT. Maspion Group di Surabaya, dan (b) untuk mengetahui faktor kualitas kehidupan kerja tersebut yang berpengaruh dominan terhadap komitmen organisasi karyawan divisi pemasaran PT. Maspion Group di Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada 50 orang yang bekerja sebagai karyawan divisi pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey pendahuluan, dan penyebaran kuesioner kepada sejumlah responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 11.5 diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0.986 + 0.031 X1 - 0.086 X2 + 0.533 X3 + 0.137 X4 + 0.064 X5 Kemudian dari hasil uji F dapat diketahui bahwa nilai f hitung sebesar 18,721 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat kesalahan yang ditolerir yaitu α = 0,05. Hal ini mendukung hipotesis yang pertama yang menyatakan ada pengaruh secara bersama-sama yang signifikan antara pertumbuhan dan pengembangan (X1), partisipasi (X2), kompensasi (X3), pengawasan (X4) dan lingkungan kerja (X5) terhadap komitmen organisasi pada karyawan divisi pemasaran PT. Maspion Group Surabaya. Dan dari hasil nilai Beta (ß) 0.788 dapat diperoleh temuan bahwa kompensasi merupakan variabel yang dominan mempengaruhi komitmen organisasi karyawan divisi pemasaran PT. Maspion Group Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 288/10 Joh p
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATIONAL COMMITMENT; MARKETING MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
MARLIN JOHANNES, 040317914UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNURI HERACHWATI, Dra. Ec., M.Si., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 28 Feb 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 06:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/650
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item