PERILAKU PENEMUAN INFORMASI PADA GURU REGULER SMP INKLUSI (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi Pada Guru Reguler SMP Inklusi Negeri di Surabaya)

AMANDA CANDRA PRATIWI, 071311633111 (2016) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI PADA GURU REGULER SMP INKLUSI (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi Pada Guru Reguler SMP Inklusi Negeri di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.04 17 Pra p.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.04 17 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Informasi menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang tak terkecuali guru regular yang dipengaruhi peran kerja serta tugasnya sebagai pengajar, yang mana di sekolah inklusi guru regular mempunyai beban kerja dengan mengajar siswa berkebutuhan khusus dan siswa regular. Kasus di lapangan memperlihatkan bahwa sebagian guru regular belum mempunyai skill khusus untuk mendidik siswa berkebutuhan khusus dan minimnya pengetahuan guru tentang sekolah inklusi. Kebutuhan informasi guru menjadi semakin kompleks dengan beban kerja yang dijalani, sehingga membutuhkan upaya lebih untuk memenuhi kebutuhan informasinya yang dapat membentuk suatu pola perilaku informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku penemuan informasi pada guru regular di SMP Inklusi Negeri di Surabaya, dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskripstif, menggunakan Teknik Cluster Random Sampling, dan menghasilkan total 66 responden berdasarkan hasil perhitungan persentase tiap area. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dan tugas yang diampu guru regular ialah sebagai pendidik dan penyedia layanan, dimana peran tersebut dipengaruhi karakteristik kebutuhan informasi dipengaruhi oleh permasalahan mengenai kegiatan belajar mengajar siswa inklusi dan menghadapi perilaku siswa inklusi. Sumber informasi yang sering digunakan ialah buku terbitan dalam negeri, internet, materi seminar dan pengalaman pribadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru regular berhasil mendapatkan informasi ketika melakukan proses penelusuran informasi. Dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa 6 komponen dari model Perilaku Penemuan Informasi Leckie et.al berlaku pada guru regular di SMP Inklusi di Surabaya khususnya pada peran sebagai pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.04/17 Pra p
Uncontrolled Keywords: Perilaku Penemuan Informasi Profesional Leckie et.al., Perilaku Penemuan Informasi Guru Reguler, Sekolah Inklusi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AMANDA CANDRA PRATIWI, 071311633111UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorFitri Mutia, A.KS., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Nov 2017 22:18
Last Modified: 19 Nov 2017 22:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66931
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item