DIFUSI INOVASI PROGRAM E-HEALTH DI PUSKESMAS KALIJUDAN SURABAYA

Anggreini Savira Putri, 071311133057 (2016) DIFUSI INOVASI PROGRAM E-HEALTH DI PUSKESMAS KALIJUDAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 50-17 Put d Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 50-17 Put d Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (638kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses difusi inovasi dalam program e-health di Puskesmas Kalijudan Kota Surabaya. Difusi inovasi dipilih karena program e-health merupakan inovasi atau ide baru dalam bidang pelayanan kesehatan. Program e-health merupakan hasil adopsi e-government didalam sistem pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk mengurangi volume antrean di pusat-pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah. Program e-health menjadikan sistem pendaftaran pelayanan kesehatan yang dulunya dilakukan dengan cara manual menjadi digital. Dalam pelaksanaannya di Puskesmas Kalijudan, program ini berjalan semudah yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa individu dalam masyarakat di Puskesmas Kalijudan Kota Surabaya tersebut belum banyak yang dapat menerima program e-health ini. Proses difusi inovasi dilakukan dengan cara memberikan sosialisasi mengenai program tersebut. Namun hambatan-hambatan seperti rendahnya kemampuan dan pengetauan akan teknologi dan informasi serta tidak mendukunganya media yang dimiliki oleh masyarakat menjadi alasan susah diterimanya program e-health. Sosialisasi yang dilakukan juga cenderung tidak merata sehingga masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan dari program e-health.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.50/17 Put p
Uncontrolled Keywords: E-health, difusi inovasi, puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Anggreini Savira Putri, 071311133057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 16:40
Last Modified: 24 Jan 2018 16:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67696
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item