PERKEMBANGAN CONFUCIUS INSTITUTE DI AMERIKA SERIKAT

FIKRI FENDI FERDIANSYAH, 071211232014 (2017) PERKEMBANGAN CONFUCIUS INSTITUTE DI AMERIKA SERIKAT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.HI.21.17 . Fer.p - ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.HI.21.17 . Fer.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Confucius Institute merupakan institusi pendidikan bahasa China yang terintegrasi dengan Kementrian Pendidikan Republik Rakyat China yang hingga saat ini melakukan internasionalisasi pendidikan secara global di negara-negara lain. Dari sekian negara tempat tujuan internasionalisasinya, Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah unit Confucius Institute terbesar di dunia. Tahun 2015 terdapat 109 Confucius Institute dan 347 Confucius Classroom yang tersebar di Amerika Serikat, mengungguli institusi pendidikan bahasa lain khususnya institusi yang dibentuk oleh pemerintah. Padahal di Amerika Serikat, jumlah penduduk Asia terutama yang berkebangsaan China tidak banyak, disertai dengan tantangan, kendala, serta anomali lainnya yang seharusnya menyebabkan Confucius Institute tidak dapat berkembang dengan pesat. Berangkat dari fenomena tersebut, penelitian ini berusaha menjelaskan mengapa Confucius Institute dapat berkembang dengan pesat hanya dalam kurun waktu 10 tahun. Penelitian ini dilakukan berfokus pada dua hal, yaitu hubungan antara institusi, home country dan host country melalui bargaining model; serta penerapan strategi adaptasi dengan marketing mix. Dari proses penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa keberhasilan internasionalisasi Confucius Institute di Amerika Serikat terjadi karena kedekatan hubungan antara home country dan host country dalam bidang pendidikan bahasa sehingga tercipta berbagai kerjasama bilateral yang mendukung eksistensi Confucius Institute; kedekatan institusi dengan host country sehingga institusi memiliki posisi tawar yang tinggi dalam melakukan kerjasama pada pemerintah maupun institusi lainnya; serta penerapan strategi marketing mix yang beradaptasi sesuai dengan kondisi, kebutuhan, dan selera masyarakat Amerika Serikat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.21/17 Fer p
Uncontrolled Keywords: Internasionalisasi pendidikan, Confucius Institute, bargaining model, home country, host country, marketing mix,
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ24-38 Societies, associations, academies, institutes, etc., for the study of international relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
FIKRI FENDI FERDIANSYAH, 071211232014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAjar Triharso, Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 10 Jan 2018 17:34
Last Modified: 10 Jan 2018 17:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67754
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item