FENOMENA MENINGKATNYA GUGATAN CERAI OLEH KALANGAN WANITA KARIER DI SURABAYA (Studi Deskriptif terhadap Kalangan Wanita Karier yang Menggugat Cerai Suami di Kota Surabaya)

Mar’atus Sholehah, 071311433105 (2017) FENOMENA MENINGKATNYA GUGATAN CERAI OLEH KALANGAN WANITA KARIER DI SURABAYA (Studi Deskriptif terhadap Kalangan Wanita Karier yang Menggugat Cerai Suami di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.24.17 . Sho.f - ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.24.17 . Sho.f - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.24.17 . Sho.f - JURNAL.pdf

Download (546kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perceraian yang ada dalam keluarga wanita karier di Surabaya. Dalam perceraian terdapat talaq cerai dan gugat cerai. Untuk talaq cerai berasal dari gugatan cerai suami sedangkan untuk gugat cerai berasal dari istri. Seiring dengan perkembangan zaman, fenomena meningkatnya perceraian berasal dari gugat cerai oleh istri yang berprofesi wanita kerier di Surabaya. Studi penelitian ini menggunakan teori dari Alfred Schutz yaitu fenomenologi. Teori ini mengkaji tentang tindakan menggugat cerai suami oleh wanita karier atas adanya dua motif „because‟ dan „ in order to‟. Metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji permasalahan dalam kajian ini adalah metode kualititatif. Teknik pengambilan data dengan obeservasi secara langsung dan interview (wawancara) secara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tindakan menggugat cerai suami terdapat latar belakang pemicu permasalahan dalam rumah tangga wanita karier. Selain itu terdapat pula aktor- aktor yang berpengaruh dalam tindakan menggugat cerai suami oleh wanita karier yaitu orang tua wanita karier sendiri dan anak- anak yang dihasilkan dari pernikahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.24/17 Sho f
Uncontrolled Keywords: Gugatan perceraian, keluarga, perceraian, pernikahan dan wanita karier
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Mar’atus Sholehah, 071311433105UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Mas'udah, S.Sos, Msi,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 20:31
Last Modified: 14 Jan 2018 20:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68169
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item