DAMPAK IMITASI BERDASARKAN FITUR DAN NEGARA ASAL TERHADAP SIKAP KONSUMEN

VARAH NUZULFAH, 041012023 (2014) DAMPAK IMITASI BERDASARKAN FITUR DAN NEGARA ASAL TERHADAP SIKAP KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-nuzulfahva-30342-6.abstr-i.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
VARAH NUZULFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini imitasi adalah cara yang lazim digunakan dalam pertumbuhan bisnis dan laba. Di antara dua tipe imitasi, imitasi fitur lebih banyak digunakan oleh pemasar. Namun, pada kenyataannya, praktik imitasi fitur justru dianggap merugikan pemimpin merek dalam kaitannya dengan sikap konsumen atas pemimpin merek. Efek merugikan yang diterima oleh pemimpin merek sehubungan dengan praktik imitasi fitur ini akan berbeda-beda, bergantung pada jenis imitasi fitur yang dipraktikkan serta negara asal merek imitasi. Penelitian ini menguji bagaimana pengaruh jenis imitasi fitur (logo/nama merek) dan negara asal merek imitasi (merek imitasi buatan negara maju/negara berkembang) terhadap perubahan sikap konsumen atas pemimpin merek. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest-post-test experimental design dengan desain between-subject. Data diperoleh dari 120 orang partisipan yang merupakan mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah praktik imitasi fitur mempunyai dampak negatif pada pemimpin merek, yakni menurunnya sikap konsumen atas pemimpin merek. Lebih lanjut, praktik imitasi fitur logo akan menyebabkan penurunan sikap konsumen atas pemimpin merek yang lebih besar dibandingkan dengan praktik imitasi fitur nama merek. Sedangkan, praktik imitasi fitur pada merek imitasi buatan negara berkembang menyebabkan penurunan sikap konsumen atas pemimpin merek yang lebih besar dibandingkan dengan pengaplikasian imitasi fitur pada merek imitasi buatan negara maju

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 B. 28/14 Nuz d
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
VARAH NUZULFAH, 041012023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Mar 2014 12:00
Last Modified: 29 Sep 2016 00:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6838
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item