ANALISIS FAKTOR PREDISPOSISI YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG PANDAN II RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

NYARMI, 131511123027 (2017) ANALISIS FAKTOR PREDISPOSISI YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG PANDAN II RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKP.N 50 -18 Nya a- Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKP.N 50 -18 Nya a.pdf
Restricted to Registered users only until 24 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Dokumentasi keperawatan merupakan aspek legal yang melindungi perawat. Akan tetapi masih banyak ditemukan dokumentasi yang kurang lengkap dengan faktor penyebab yang belum jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan di ruang Pandan II RSUD. Dr. Soetomo Surabaya. Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, melibatkan seluruh perawat di ruang Pandan II sejumlah 20 responden. Variabel independen adalah faktor predisposisi yang meliputi pengetahuan, sikap, dan motivasi. Variabel dependen adalah kepatuhan pendokumentasian keperawatan. Data diperoleh dengan kuesioner yang selanjutnya dianalisis menggunakan Spearman Rank Rho dengan nilai p = 0,05. Hasil: Hasil dari penelitian didapatkan bahwa pengetahuan memiliki korelasi yang agak rendah (p=0,043 dan r=0,457), sikap memiliki korelasi yang agak rendah (p=0,038 dan r=0,467), dan motivasi memiliki korelasi yang cukup (p=0,002 dan r=0,649) terhadap kepatuhan pendokumentasian asuhan keperawatan. Diksuksi: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, sikap, dan motivasi berbanding lurus dengan kepatuhan pendokumentasian keperawatan. Sehingga disarankan upaya peningkatan kepatuhan dokumentasi keperawatan difokuskan pada upaya peningkatan pengetahuan, sikap, dan motivasi perawat. Penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti tentang pengaruh faktor enabling (format dokumentasi) dan empowering (kebijakan) terhadap kepatuhan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 50/ 18 Nya a
Uncontrolled Keywords: knowledge, attitude, motivation, adherence, nursing documentation
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NYARMI, 131511123027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Dwi Wahyuni, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Thesis advisorLailatun Ni’Mah, S.Kep., Ns. M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 23 Feb 2018 19:11
Last Modified: 23 Feb 2018 19:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70060
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item