ANALISIS PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA, PELAYANAN KESEHATAN, DAN JAMINAN KESEHATAN TERHADAP STATUS DIABETES TERKAIT GANGGUAN FUNGSI GINJAL

CARINE RYAN AMALA, 101511123129 (2018) ANALISIS PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA, PELAYANAN KESEHATAN, DAN JAMINAN KESEHATAN TERHADAP STATUS DIABETES TERKAIT GANGGUAN FUNGSI GINJAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Diabetes Melitus adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak memproduksi insulin yang cukup atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkan. Insulin adalah hormon yang mengatur gula darah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Surabaya (2013) menyatakan bahwa penyakit degeneratif merupakan penyakit yang termasuk dalam sepuluh penyakit tertinggi di Surabaya salah satunya adalah kasus Diabetes Melitus yang terus mengalami peningkatan. Diketahui bahwa komplikasi jangka panjang dari penyakit Diabetes Melitus yang paling ditakuti dan paling banyak memakan biaya adalah terjadinya gagal ginjal terminal yang merupakan stadium lanjut dari timbulnya gangguan fungsi ginjal. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dukungan keluarga, pelayanan kesehatan, dan jaminan kesehatan terhadap status diabetes terkait gangguan fungsi ginjal. Penelitian ini menggunakan rancang bangun kasus-kontrol. Kasus adalah sebagian pasien yang melakukan pemeriksaan di Puskesmas Putat Jaya Surabaya dan didapat hasil positif mengalami gangguan fungsi ginjal, sedangkan kontrol adalah adalah sebagian pasien yang melakukan pemeriksaan dan didapat hasil negatif mengalami gangguan fungsi ginjal. Masing-masing kelompok data diambil sebanyak 16 responden dengan pengambilan secara acak. Variabel yang diteliti adalah dukungan keluarga, pelayanan kesehatan, dan jaminan kesehatn terhadap status diabetes terkait terjadinya gangguan fungsi ginjal. Analisis data menggunakan software berbasis komputer. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa dukungan keluarga memiliki pengaruh terhadap status diabetes terkait terjadinya gangguan fungsi ginjal (OR=5,5714 95% CI = 1,1278 – 27,5238). Sedangkan hasil analisis pelayanan kesehatan pada penelitian ini tidak dapat terdefinisi (undefined) dan jaminan kesehatan (OR = 1,0 95% CI = 0,2018 – 4,9547) ditemukan bahwa bukan merupakan faktor risiko terhadap status diabetes terkait terjadinya gangguan fungsi ginjal. Dukungan keluarga menjadi faktor penting dalam mempengaruhi peningkatan tidak terkontrolnya status diabetes hingga terjadinya gangguan fungsi ginjal apabila didapatkan dukungan kelurga yang kurang baik. Menjalankan pola hidup yang sesuai dengan kebutuhan Diabetes dengan melakukan aktivitas fisik yang cukup setiap hari serta rutin pemeriksaan laboratorium secara berkala minimal satu bulan sekali dan konsumsi obat dengan rentang waktu sesuai anjuran dokter dapat mengendalikan status diabetes tetap berada pada kondisi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 126/18 Ama a
Uncontrolled Keywords: diabetes mellitus, diabetic status, family support, health service, health insurance
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
CARINE RYAN AMALA, 101511123129UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorChatarina, Prof.,Dr,dr.,MS.,MPHUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2018 02:15
Last Modified: 28 Feb 2018 02:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70227
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item