ANALISIS POSITIONING PINLABS UNAIR DIBANDINGKAN DENGAN PESAINGNYA BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA ATAS ATRIBUT JASA YANG DITAWARKAN DI SURABAYA

RAHMAT BUDIARTO SASONO, 040237637 (2005) ANALISIS POSITIONING PINLABS UNAIR DIBANDINGKAN DENGAN PESAINGNYA BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA ATAS ATRIBUT JASA YANG DITAWARKAN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-sasonorahm-6082-b185_05-k.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7160a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegagalan atau keberhasilan suatu produk yang ditawarkan pada target pasar yang dipilih tergantung pada seberapa baik produk tersebut diposisikan dalam pasar (Walker, Boyd, Larrache, 1992:202), oleh karena itu positioning berhubungan erat dengan kesesuaian penerimaan suatu penawaran produk dengan pasar yang ditujunya. Positioning akan lebih penting apabila merek produk-produk yang bersaing tampak mina di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui posisi lembaga kursus bahasa Inggris Pinlabs dibandingkan dengan pesaingnya yaitu EF, IALF, ILP, KELT, YPIA, LIA, dan Executive College berdasarkan persepsi mahasiswa Universitas Airlangga terhadap atribut jasa yang ditawarkan. Atribut tersebut meliputi keterkenalan nama, tarif kursus, fasilitas kursus, lokasi kursus, program kursus, mutu pengajar, dan keramahan pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Validitas alat ukur menggunakan metode Pearson Product Moment sedangkan untuk menguji reliabilitasnya menggunakan teknik Alpha Cronhach. Penelitian ini berusaha menggambarkan posisi lembaga kursus bahasa Inggris Pinlabs diantara pesaing-pesaingnya dengan menggunakan peta persepsi dua dimensi. Peta persepsi tersebut diperoleh melalui analisis Multidimensional Scaling (MDS). Berdasarkan hasil MDS, koordinat stimulus posisi Pinlabs terletak pada titik – 1,2881 (di) dan 0,1399 (d2). Pada dimensi 1 (dl) posisi Pinlabs berada pada peringkat 7 setelah EF, IALF, ILP, KELT, YPIA, dan LIA. Sedangkan pada dimensi 2 (d2) posisi Pinlabs berada pada peringkat 2 setelah YPIA. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui atribut yang dominan pada masing-masing dimensi. Pada analisis ini, nilai atribut lembaga kursus bahasa Inggris ditetapkan sebagai variabel dependen dan koordinat stimulus sebagai variabel independen. Hasil regresi menunjukkan bahwa atribut keterkenalan nama dominan pada dimensi 1 (dl ). Atribut tarif kursus dominan pada dimensi 2 (d2). Untuk mengetahui pesaing terdekat Pinlabs yang dipersepsikan mahasiswa Universitas Airlangga mempunyai banyak kemiripan (similarity) dengan Pinlabs, digunakan perhitungan Euclidian Distance menunjukkan bahwa pesaing terdekat Pinlabs adalah LIA dengan jarak euklidian 0,1012. kemudian diikuti oleh Executive College (0,3098), YPIA (0,5241), KELT (2,1672), ILP (2,6558), IALF (2,7183), dan EF (3,1511).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 185/05 Sas a
Uncontrolled Keywords: POSITIONING ( ADVERTISING ); CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
RAHMAT BUDIARTO SASONO, 040237637UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Dwi Utami S., Dra., Ec., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 15 Feb 2008 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7160
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item