PENGARUH SERVICE ORIENTATION TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PADA PEKERJAAN KARYAWAN FRONTLINER BRI PASURUAN

ANITA ILVIYANTI, 040510027 (2011) PENGARUH SERVICE ORIENTATION TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PADA PEKERJAAN KARYAWAN FRONTLINER BRI PASURUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ilviyantia-13050-b23610-p.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ilviyantia-13050-b23610-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam perusahaan jasa yang diutamakan adalah pelayanan ke pelanggan, oleh karena itu kunci keberhasilan perusahaan jasa adalah SDM yang berkualitas yang mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Segala hal yang yang dilakukan oleh karyawan dalam berinteraksi langsung dengan konsumen akan membentuk kesan (image) konsumen terhadap organisasi. Mengingat begitu sentralnya peran karyawan terutama di perusahaan jasa, maka pihak manajemen harus sebisa mungkin memperlakukan karyawan dengan baik sehingga karyawan merasa puas dengan pekerjaannya dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap perusahaan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung service orientation terhadap kepuasan pada pekerjaan dan komitmen organisasi dan pengaruh langsung kepuasan pada pekerjaan terhadap komitmen organisasi, serta untuk mengetahui pengaruh tidak langsung service orientation terhadap komitmen organisasi yang melalui kepuasan pada pekerjaan pada karyawan bagian frontliner Bank BRI cabang Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitikberatkan pada pengujian hipotesis melalui analisis jalur dengan menggunakan metode partial least square (PLS). Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan bagian frontlier Bank BRI cabang Pasuruan yang berjumlah sebanyak 75 orang. Variabel eksogen yang digunakan adalah service orientation (X), variabel intervening adalah kepuasan pada pekerjaan (Z), sedangkan komitmen organisasi (Y) sebagai variabel endogen. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa service orientation mempunyai pengaruh langsung positif signifikan terhadap kepuasan pada pekerjaan, kepuasan pada pekerjaan juga mempunyai pengaruh langsung positif signifikan terhadap komitmen organisasi, sedangkan service orientation disimpulkan tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap komitmen organisasi. Selain itu juga dpat diketahui bahwa pengaruh tidak langsung service orientation terhadap komitmen organisasi yang melalui kepuasan pada pekerjaan sebesar 0,262 lebih besar jika dibandingkan pengaruh langsung service orientation terhadap komitmen organisasi yang hanya sebesar 0,157. Hal ini berarti service orientation yang diikuti dengan kepuasan pada pekerjaan yang tinggi akan lebih meningkatkan komitmen karyawan Bank BRI cabang Pasuruan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 236/10 Ilv p
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATIONAL COMITMENT; JOB SATISFACTION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANITA ILVIYANTI, 040510027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPRAPTINI YULIANTI, Dra. Ec., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 04 Mar 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 08:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/726
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item