PERDEDAAN KOMPONEN SIKAP ATAS SPONSOR PADA SISWA SMA NEGERI 1 SIDOARJO BERDASARKAN PERSEPSI KESESUAIAN ANTARA EVENT DAN SPONSOR (Studi Pada Pensponsorsn Deteksi Basketball League 2006 Oleh Spalding)

PHONNY ADITIAWAN MULYANA, 040117063 (2007) PERDEDAAN KOMPONEN SIKAP ATAS SPONSOR PADA SISWA SMA NEGERI 1 SIDOARJO BERDASARKAN PERSEPSI KESESUAIAN ANTARA EVENT DAN SPONSOR (Studi Pada Pensponsorsn Deteksi Basketball League 2006 Oleh Spalding). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-mulyanapho-9319-b30_08.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7291a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pensponsoran sebagai salah satu kegiatan komunikasi pemasaran yang populer digunakan akhir-akhir ini, dilakukan dengan memasangkan suatu merek atau produk dengan suatu event atau kegiatan tertentu. Dalam menentukan suatu pensponsoran, perusahaan mempertimbangkan adanya aspek kesesuaian, baik kesesuaian fungsional maupun kesesuain citra (image) antara merek atau produk perusahaan dengan kegiatan yang akan disponsori. Tujuan penelitian yang fokus pada pensponsoran olahraga ini adalah untuk mengetahui perbedaan komponen sikap atas Spalding sebagai sponsor, yang terdiri dari komponen kognitif, komponen afektif dan komponen konatif pada siswa SMA Negeri 1 Sidoarjo berdasarkan persepsi kesesuaian antara DBL 2006 dan Spalding. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang adalah siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 1 Sidoarjo yang pernah menonton atau menghadiri event Deteksi Basketball League 2006. Prosedur penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling, yaitu teknik accidental sampling dan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitati£ Alat analisis yang dipakai didalam pengujian hipotesis ialah analisis MANOVA (multivariate analysis of variance) dengan bantuan software SPSS ver.10. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa H1 diterima, dengan nilai signifikansi uji F multivariat sebesar 0,00<0,05, dan nilai partial eta squared (effect size) sebesar 0,17 (17%) sehingga secara signifikan didapatkan adanya perbedaan komponen sikap atas Spalding yang terdiri dari komponen kognitif, komponen afektif dan komponen konatif pada siswa SMA Negeri 1 Sidoarjo berdasarkan persepsi kesesuaian antara DBL 2006 dan Spalding. H3, H4 dan H5 juga diterima, hal ini dapat dilihat dari nilai contrast yang membandingkan nilai variabel-variabel criterion 1, 2 dan 3 diantara grup 2 dan grup 1, dengan hasil pada grup 2 untuk nilai variabel criterion 1, 2 dan 3, semua menunjukkan nilai positif, yang berarti bahwa dibandingkan dengan grup 1 (siswa SMA Negeri 1 Sidoarjo yang mempunyai persepsi kesesuaian yang rendah antara DBL 2006 dan Spalding), grup 2 (siswa SMA Negeri 1 Sidoarjo yang mempunyai persepsi kesesuaian yang tinggi antara DBL 2006 dan Spalding) mempunyai nilai komponen kognitif, afektif dan konatif sikap atas Spalding yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, Spalding diharapkan untuk mempertimbangkan faktor kesesuaian antara event yang akan disponsori dengan produk atau merek perusahaan agar didapat hasil pensponsoran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 30/08 Mul p
Uncontrolled Keywords: MARKETING - MANAGEMENT; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
PHONNY ADITIAWAN MULYANA, 040117063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTanti Handriana, S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 25 Mar 2009 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 18:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7291
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item