PENGARUH ISI IKLAN TELEVISI TEH CELUP SOSRO TERHADAP NIAT BERALIH MEREK TEH CELUP SOSRO BAGI KONSUMEN TEH CELUP MEREK LAIN DI GRESIK

DEWI HINDASAH, 049816219 (2006) PENGARUH ISI IKLAN TELEVISI TEH CELUP SOSRO TERHADAP NIAT BERALIH MEREK TEH CELUP SOSRO BAGI KONSUMEN TEH CELUP MEREK LAIN DI GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-hindasahde-9430-b17408-k.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7307a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh isi iklan televisi teh celup Sosro terhadap niat beralih merek teh celup Sosro di Gresik. Responden yang diteliti adalah konsumen teh celup merek lain, yang terakhir kali menyaksikan iklan televisi teh celup Sosro paling lama satu minggu sebelum penelitian dilakukan dan bertempat tinggal di Gresik. Penelitian ini dilakukan mengingat hanyaknya pemasar yang melakukan produknya di televisi menyebabkan perang ynag menuntut pemasar untuk membuat iklan semenarik mungkin untuk menarik perhatian konsumen agar dapat bertahan di pasar pada tiap perkenalan dan untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi konsep variabel iklan Tellis (2004), yaitu isi iklan yang terdiri dari argumen dan isyarat verbal yang lain; gambar, suara, dan isyarat emosional yang lain serta dukungan dan isyarat dugaan-yang lain. Sedangkan variabel dependennya adalah niat beralih merek teh celup Sosro. Dua ratus. responden telah mengisi kuesioner dan menjadi somber data penelitian ini. Dengan teknik Pearson 's product moment correlation dan teknik Cronbach's alpha, data penelitian ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi logistik berganda untuk mengetahui pengaruh. ketiga variabel indeperden terhadap variabel dependen secara simultan dan parsial. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan bahwa variabel argumen dan isyarat verbal yang lain; gambar, suara, dan isyarat emosional yang lain serta dukungan dan. isyarat dugaan yang lain secara simultan meliputi secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beralih merek teh celup Sosro. Secara parsial, variabel gambar, suara dan isyarat emosional yang lain mempunyai pengaruh doininan terhadap niat beralih merek. Ketiga variabel tersebut berpenganihcukup besar terhadap niat beralih merek teh celup Sosro(42,4%).Terdapat 61 % responder yang berniat untuk beralih merek teh celup Sosro karena dipenganihi oleh isi Man televisi teh celup Sosro. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang miuigkin dapat berguna bagi pihak manajemen PT. SINAR SOSRO adalah variabel gambar, suara, dan isyarat emosional yang lain dalam iklan televisi teh celup Sosro harus dipertahankan karena mempunyai dampak terkuat terhadap niat beralih merek, sedangkan untuk variabel argumen dan isyarat verbal yang lain serta dukungan dan isyarat dugaan yang lain perlu dipertahankan atau lebih dikembangkan untuk lebih baik lagi. Perusahan dapat mendesain iklan televisi teh celup Sosro versi lain dengan penekanan yang sama, yaitu pada isi iklan televisi teh celup Sosro karena terbukti isi iklan televisi teh celup Sosro mempunyai pengaruh yang besar terhadap mat beralih merek teh celup Sosro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 174/08 Hin p
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING MANAGEMENT; CONSUMER BEHAVIOR; MARKETING - MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1176-1281 Social influence. Social pressure
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
DEWI HINDASAH, 049816219UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Dwi Utami S., Dra., Ec., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 28 Apr 2009 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 19:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7307
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item