UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM PEMILIK HAK ATAS TANAH YANG DIGUNAKAN OLEH PEMERINTAH

NUR ARIFANIE RISQIYAH, S.H, 031524253042 (2018) UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM PEMILIK HAK ATAS TANAH YANG DIGUNAKAN OLEH PEMERINTAH. Thesis thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2021.

Download (1MB)

Abstract

Tanah sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa mempunyai fungsi yang penting untuk membangun masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Indonesia adalah negara yang menganut asas keadilan dan kemakmuran untuk rakyat. Yang mempunyai arti bahwa negara memiliki peranan untuk mengatur tentang tanah dan kekayaan alam yang berada diatasnya yang dipergunakan sebanyak-banyaknya untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, pemerintah perlu melakukan pembangunan untuk kepentingan umum sehingga diperlukannya penyediaan lahan untuk membangunan prasarana umum. Penyediaan lahan tersebut dikenal dengan Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perlindungan hukum pemilik hak atas tanah yang digunakan oleh pemerintah. Dalam Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum haruslah sesuai dengan prosedur Pengadaan Tanah yang sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan terkait. Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum pemerintah/pemerintah daerah yang terkait haruslah memberikan perlindungan hukum kepada pemilik tanah yaitu dalam bentuk ganti rugi. Jika pemilik tanah tidak mendapatkan haknya maka pemilik tanah dapat menempuh jalur melalui pengadilan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 119/18 Ris u
Uncontrolled Keywords: Pengadaan Tanah, Perlindungan Hukum, Ganti Rugi
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K85-89 Legal research
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
NUR ARIFANIE RISQIYAH, S.H, 031524253042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Sekarmadji, Dr.,SH.,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2018 11:16
Last Modified: 04 Oct 2018 11:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74330
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item