HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI LITERASI INFORMASI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Santi Kusunarningsih, 071411631015 (2018) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI LITERASI INFORMASI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.34 18 Kus h.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.34 18 Kus h.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.34 18 Kus h.pdf

Download (276kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemampuan menulis dan prestasi belajar menjadi hal yang penting dan utama bagi mahasiswa yang berada di ruang lingkup akademik. Untuk memiliki kemampuan menulis dan mendapatkan prestasi belajar yang tinggi memang terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah kemampuan mahasiswa terkait literasi informasi. Literasi informasi menjadi salah satu kompetensi penting yang dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas berpikir dan memproduksi konten-konten akademik berkualitas tinggi. Namun faktanya, literasi informasi masih menjadi permasalahan di Indonesia dimana tingkat literasi informasi mahasiwa berada pada kategori rendah hingga sedang. Padahal untuk membuat suatu karya tulis ilmiah dan mencapai prestasi belajar yang tinggi dibutuhkan kemampuan (skill) untuk menjadi salah satu senjata mencapai tujuan tersebut. Begitu pula permasalahan terkait menulis pada mahasiswa yang seringkali mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi bahan-bahan yang relevan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah kompetensi literasi informasi yang dimiliki mahasiswa memiliki hubungan positif dengan kemampuan menulis dan prestasi belajar mahasiswa Universitas Airlangga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif serta memiliki jumlah responden sebanyak 100 mahasiswa Universitas Airlangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dengan kekuatan hubungan yang sedang antara literasi informasi (X) dengan kemampuan menulis (Y1) dengan nilai koefisien korelasi 0,521 > rtabel 0,197, yang artinya semakin tinggi kompetensi literasi informasi maka semakin tinggi pula kemampuan menulis mahasiswa Universitas Airlangga. Selain itu juga terdapat hubungan positif dengan kekuatan hubungan yang kuat antara literasi informasi (X) dengan prestasi belajar (Y2) dengan nilai koefisien korelasi 0,787 > rtabel 0,197, yang artinya semakin tinggi kompetensi literasi informasi maka semakin tinggi pula tingkat prestasi belajar mahasiswa Universitas Airlangga. Besar kontribusi/sumbangan literasi informasi terhadap kemampuan menulis sebesar 27%, dan literasi informasi terhadap prestasi belajar sebesar 61,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.34/18 Kus h
Uncontrolled Keywords: literasi informasi mahasiswa UNAIR, kemampuan menulis mahasiswa UNAIR, prestasi belajar mahasiswa UNAIR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Santi Kusunarningsih, 071411631015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra., M.Ikom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Oct 2018 12:57
Last Modified: 16 Oct 2018 12:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74754
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item